Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Restorasi, Anak Muda Mulai Bangga Pakai Bebek Lawas

Kompas.com - 23/12/2019, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren restorasi sepeda motor jenis underbone alias bebek retro masih cukup marak. Terlihat munculnya beragam motor seperti Honda Astrea Grand, yang makin sering dijumpai di jalan raya, dikendarai anak muda ''necis'' dengan kondisi motor "kinclong" terlihat baru.

Fenomena ini pun turut dirasakan oleh para pengguna bebek retro. Byon Aryawan salah satunya, anggota C'Duck Astrea pemilik Astrea Grand yang juga hasil restorasi, mengatakan, bangga naik Astrea Grand Bulus.

"Cuci motor saja bebek saya bareng Harley-Davidson gak masalah, cuek. Tapi tetap saja mau motor semahal bagaimana, begitu mereka lihat, pasti nyamperin dan nanya soal Astrea," kata Byon kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Ini Kisaran Biaya Restorasi Motor Bebek Retro

Honda Astrea SeriesFoto: CDuck Astrea Honda Astrea Series

Tak jarang pula kini bikers dari kalangan mampu ikut mulai memelihara bebek retro. Byon mengatakan, karena ternyata motor bebek lawas memiliki ikatan emosional termasuk mengingatkan waktu zaman meniti karir.

"Kita semua tau lah motor bebek, semua orang pakai bebek, Astrea ya terutama, motor sejuta umat pak. Banyak yang bilang, yang sekarang pada berduit, Astrea itu motor waktu susah, atau enggak motor bapaknya waktu susah. Jadi kenangannya banyak," kata Byon.

Salah satu tolok ukurnya dapat dilihat dari kegiatan motoran di akhir pekan atau biasa disebut Sunmori (Sunday Morning Ride). Bebek lawas kini tidak minder jalan bersama motor-motor berkapasitas jauh lebih besar.

Baca juga: Tiga Bebek Retro Honda yang Naik Daun

Honda Astrea PrimaFoto: Istimewa Honda Astrea Prima

 

Wahyu Diwa, builder dari Diwa Creative Studio di bilangan Depok, Jawa Barat, mengatakan, fenomena restorasi bebek tua memang sangat pesat belakangan ini terlihat banyak terlihat di jalan.

"Saya melihatnya ini seperti fenomena tersendiri ya, dan banyak yang pakai itu anak muda. Kembali lagi ke era waktu motor-motor itu baru meluncur, dan mereka bangga meski katakanlah pakai motor bebek," katanya.

Wahyu mengatakan, tren bebek retro memang paling besar digawangi oleh merek Honda, meski saat ini juga merebak ke merek lain seperti Yamaha dan Suzuki namun populasinya tidak terlalu besar.

"Generasi Astrea mulai dari Star, Prima, Grand hingga Legenda sekarang banyak yang direstorasi ulang dibuat sedemikian rupa sehingga kembali seperti saat pertama kali hadir, dan itu seru sekali," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com