Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan Harga Baleno Facelift Bisa Naik Lagi

Kompas.com - 21/12/2019, 14:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya meluncurkan versi penyegaran dari Baleno di Jakarta, Jumat (20/12/2019). Mobil yang bermain di segmen hatchback ini, hadir membawa beberapa sentuhan baru untuk mendongkrak tampilannya.

Secara harga, Baleno facelift ini naik Rp 3 juta dari model sebelumnya. Bahkan meski meluncur jelang akhir tahun, Suzuki tak menahan unitnya untuk segera bisa dipasarkan.

Artinya, konsumen yang tertarik sudah bisa membeli Baleno facelift di jaringan diler Suzuki. Tapi dengan catatan, unit yang dipasarkan saat ini, bahkan sampai nanti di awal 2020 merupakan Baleno yang diproduksi pada 2019.

Baca juga: Suzuki Pede Baleno Facelift Bisa Goda Kaum Hawa

Menyoal hal ini, 4W Sales Director PT SIS Makmur, menjelaskan bila kondisi tersebut memang dilakukan Suzuki untuk memenuhi permintaan konsumen agar tak terlalu lama menunggu unitnya.

Suzuki Baleno facelift resmi meluncur di Indonesia Suzuki Baleno facelift resmi meluncur di Indonesia

"Harus dimengerti, kalau bermain unit CBU itu ada regulasi dari pemerintah. Untuk mobil 2020, harus benar-benar mulai diproduksi pada 1 Januari 2020, artinya, kalau didatangkan ke Indonesia dari negara asal itu kan butuh waktu sekitar dua sampai tiga bulan, bisa jadi baru ready nanti di April 2020," ucap Makmur kepada media di Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Berdasarkan alasan tersebut, Makmur mengatakan bila Suzuki Indonesia sudah lebih dulu menyediakan stok Baleno facelift dengan VIN 2019 untuk memenuhi kebutuhan pasar hingga Maret 2020 mendatang.

Namun ketika ditanya apakah nanti saat unit produksi 2020 mulai dipasarkan bakal ada kenaikan harga lagi, Makmur hanya menjelaskan bila hal tersebut memang tak bisa dipungkiri.

Baca juga: Ada Baleno Terbaru, Honda Optimis Jazz Masih Teratas

Suzuki Baleno facelift resmi meluncur di Indonesia Suzuki Baleno facelift resmi meluncur di Indonesia

"Kita isitilahnya saat ini naik Rp 3 juta itu kado Natal dan Tahun Baru, lah. Untuk harga ya pasti (berubah), jadi dalam satu tahun biasanya kita ada beberapa kali kenaikan, tapi efeknya itu beragam, bisa dari produksi, kurs, atau perpajakan terkait peraturan pemerintah," ujar Makmur.

"Tapi yang jelasnanti di awal tahun pasti ada perbedaan harga, karena juga ada selisih BBN. Ini berlaku semua, bukan hanya untuk produk Suzuki saja," kata dia.

Sekadar Informasi, Baleno facelift VIN 2019 yang saat ini sudah dipasarkan Suzuki harganya naik Rp 3 juta dari versi sebelumnya. Untuk manual dibanderol Rp 221 juta, sementara matiknya sebesar Rp 233,5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com