Begini Posisi Berkendara Motor Agar Tak Mudah Capai

Kompas.com - 21/12/2019, 10:02 WIB
Ilustrasi wanita hijab naik motor Stanly/OtomaniaIlustrasi wanita hijab naik motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai sepeda motor masih menjadi andalan transportasi utama masyarakat di Jakarta dan kota di sekitarnya. Perjalanan yang jauh menuntut kondisi tubuh yang prima, tapi bagaimana jika baru sebentar berkendara sudah cepat capai.

Sudahkah Anda paham soal bagaimana postur atau posisi berkendara yang ergonomis, sehingga nyaman untuk berlama-lama di atas motor?

Agus Sani, kepala instruktur safety riding Wahana Makmur Sejati (WMS), mengatakan, kelelahan karena berkendara bisa menjadi pengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan lebih parah bisa memicu terjadinya kecelakaan.

"Cara untuk mengurangi potensi kelelahan ketika berkendara yaitu dengan memperhatikan postur tubuh yang tepat kita mengendarai motor," kata Agus kepada KOMPAS.com (16/12/2019). 

Baca juga: Ketahui Posisi Berkendara Aman dari Blind Spot Truk

Presiden Joko Widodo mengendarai motor trail saat meninjau lokasi tambak udang dan ikan bandeng sebagai bagian dari program perhutanan sosial di Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Rabu (1/11/2017).Fabian Januarius Kuwado Presiden Joko Widodo mengendarai motor trail saat meninjau lokasi tambak udang dan ikan bandeng sebagai bagian dari program perhutanan sosial di Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Rabu (1/11/2017).

Agus melanjutkan, untuk menjaga postur ideal tubuh ketika mengendarai sepeda motor, perhatikan tujuh poin postur tubuh ketika berkendara. Simak uraiannya berikut ini:

1. Mata

Mata merupakan indera yang penting saat berkendara. “Mata digunakan untuk melihat ke depan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai obyek dan jalan yang akan dilewati,” ucap Agus.

Baca juga: Ganti Mika Bening pada Lampu Rem Motor Itu Berbahaya!

2. Pundak

Agus mengatakan bahwa posisi pundak harus rileks agar berkendara lebih nyaman. Pundak yang tegang akan membuat lebih cepat lelah ketika bermanuver di kemacetan.

3. Siku Tangan

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X