Sudah Lima Musim, Suzuki Beralasan Masih Belum Punya Tim Satelit

Kompas.com - 21/12/2019, 07:42 WIB
Alex Rins saat berlaga di seri terakhir MotoGP 2019 di Valencia. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP) PIERRE-PHILIPPE MARCOUAlex Rins saat berlaga di seri terakhir MotoGP 2019 di Valencia. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

JEPANG, KOMPAS.com - Berbeda dengan Honda, Ducati, Yamaha, dan KTM, tim pabrikan Suzuki tidak memiliki tim satelit di MotoGP, padahal sudah lima tahun bergulir. Situasi ini bisa dibilang memperlambat kemajuan Suzuki untuk lebih kompetitif di tiap serinya.

Davide Brivio, Manajer Tim Suzuki, mengatakan, pembicaraan mengenai tim satelit ini selalu ada setiap tahunnya. Meski begitu, sejak kembali ke MotoGP di 2015 hingga sekarang, Suzuki masih tetap dengan satu tim.

Baca juga: Marquez: Lebih Sakit Disalip Dovizioso daripada Rins

"Kami pikir itu akan membantu. Terkadang, ketika ada cuaca buruk sepanjang akhir pekan, dengan hanya dua motor, jadi lebih sulit untuk mengumpulkan informasi," ujar Brivio, dikutip dari Speedweek.com.

Alex Rins saat menjalani sesi latihan di MalaysiaMOHD RASFAN Alex Rins saat menjalani sesi latihan di Malaysia

Menurutnya, kehadiran tim satelit jelas akan memberikan lebih banyak data dan informasi untuk mempercepat perkembangan dan menyaring lebih banyak masalah.

"Namun, sisi baiknya adalah pabrikan bisa konsentrasi sepenuhnya pada tim pabrikan dan dua pebalap, tanpa distraksi," kata Brivio.

Baca juga: Rins Bangga Kalahkan Dua Pebalap Legendaris

Meski demikian, Brivio juga tetap mengakui sisi negatifnya, yakni kurangnya informasi yang bisa dikumpulkan dan kesempatan untuk meningkat juga lebih sedikit.

"Tahun ini, kami kesulitan di dua atau tiga balapan. Tim satelit bisa membantu, tapi kami juga harus meningkatkan motornya. Kami bisa tampil baik dengan hanya dua pebalap. Jadi, tidak terlalu esensial untuk memiliki tim satelit," ujar Brivio.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Speedweek
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X