Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Waspada saat Melintas di Tol Layang Japek | Bengkel yang Merawat Motor Custom Jokowi

Kompas.com - 21/12/2019, 06:12 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang akan melintas di jalan tol Layang Jakarta-Cikampek (Elevated) II harus tetap waspada. Selain bergelombang, terpaan angin di atas juga begitu kencang sehingga berbahaya untuk mobil.

Selain itu, yang tidak kalah populernya lagi soal bengkel khusus merawat sepeda motor custom presiden Joko Widodo (Jokowi). Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Jumat 20 Desember 2019.

1. Bengkel yang Bertanggung Jawab Merawat Motor Custom Jokowi

Presiden Joko Widodo (tengah) mengendarai motor Copper saat kunjungan kerja di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12/2019). Kunjungan kerja Presiden ke Kabupaten Nunukan diantaranya untuk meninjau proyek jalan Trans Kalimantan, program padat karya, dan meninjau Pos Lintas Batas Negara Indonesia-Malaysia.ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pras. Presiden Joko Widodo (tengah) mengendarai motor Copper saat kunjungan kerja di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12/2019). Kunjungan kerja Presiden ke Kabupaten Nunukan diantaranya untuk meninjau proyek jalan Trans Kalimantan, program padat karya, dan meninjau Pos Lintas Batas Negara Indonesia-Malaysia.

Belum lama ini, Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke jalur perbatasan RI-Malaysia menggunakan motor custom andalan. Motor custom bergaya chopper ini, hasil karya Katros Garage, digunakan di jalur non aspal alias semi off-road.

Meski demikian, motor tersebut terbukti mampu lewati medan yang cukup menantang dan tidak terjadi masalah di sektor mesinnya. Sebab, perawatannya juga cukup terjaga.

Untuk perawatan motor custom yang dimiliki Jokowi ini, Andi Akbar, builder Katros Garage, mengaku bahwa dirinya dipercaya untuk melakukan perawatan motor custom andalan presiden itu.

Baca juga: Bengkel yang Bertanggung Jawab Merawat Motor Custom Jokowi

2. Yamaha XS650 Bukti Kejeniusan Pabrikan Jepang

Yamaha XS650KOMPAS.com/Gilang Yamaha XS650

Redaksi kembali menghadirkan foto sepeda motor spesial (collectible item) dalam bentuk ilustrasi karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni ini hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Kali ini, pada pekan ke-35 awak redaksi menghadirkan ilustrasi motor legendaris Yamaha XS650, salah satu motor yang cukup populer di Indonesia, karena mesinnya banyak digunakan sebagai basis motor kustom.

Yamaha XS650 pertama kali diperkenalkan pada Oktober 1969 dan diproduksi hingga 1979. Modelnya kemudian berlanjut dengan seri spesial dengan perbedaan di detail termasuk rem cakram mulai 1978 hingga 1985.

Baca juga: Yamaha XS650 Bukti Kejeniusan Pabrikan Jepang

3. Ada Baleno Terbaru, Honda Optimis Jazz Masih Teratas

Honda Jazz di GIIAS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Honda Jazz di GIIAS 2018

Persaingan kelas hatchback awal 2020 bakal makin memanas, usai Suzuki menyegarkan tampilan Baleno. Model terbaru ini rencananya diluncurkan pada Jumat ini (20/12/2019).

Untuk diketahui, berdasarkan data wholesales Gaikindo pada periode Januari-Oktober 2019, kelas hatchback masih dipimpin Jazz dengan raihan 9.961 unit. Sementara Yaris memperoleh angka sebanyak 6.612 unit, dan Baleno mendapat 4.412 unit.

Yulian Karfili, Public Relation & Digital Manager PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan sampai saat ini Jazz masih menjadi pemimpin di kelasnya. Pada 2020 mendatang, Honda juga masih optimis Jazz masih bertahan.

Baca juga: Ada Baleno Terbaru, Honda Optimis Jazz Masih Teratas

4. Pengemudi Harus Waspada saat Melintas di Tol Layang Japek

Kondisi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek pada Kamis (15/12/2019) jelang malam hari.Valdi Wira Saputra Kondisi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek pada Kamis (15/12/2019) jelang malam hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com