Suntik Rp 5,1 T, Honda Tambah Konten Lokal dan Perluas Pabrik

Kompas.com - 20/12/2019, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – November 2019 lalu, Kementerian Perindustrian RI telah menerima rencana investasi enam produsen otomotif saat melakukan kunjungan ke Jepang. Total sebanyak Rp 33 triliun rencana investasi berhasil dikantongi.

Honda yang menjadi salah satu produsen yang ikut ambil bagian, menyuntikkan dana sebesar Rp 5,1 triliun untuk memperkuat bisnis roda empat di Indonesia.

Yulian Karfili, Public Relation & Digital Manager PT Honda Prospect Motor, membenarkan rencana investasi yang dilakukan pihak prinsipal Honda. Menurutnya, investasi itu akan segera dijalankan dalam beberapa tahun mendatang.

Baca juga: Honda Tambah Investasi Rp 5,1 T untuk Mobil Baru di indonesia

Pembangunan pabrik baru HondaFebri Ardani/KompasOtomotif Pembangunan pabrik baru Honda

“Saat ini belum ada rincian detail untuk apa saja, tapi itu bentuk komitmen untuk pengembangan lokal,” ujarnya di sela-sela uji coba jalan tol layang Jakarta-Cikampek menggunakan Honda CR-V, pada Kamis (19/12/2019).

Arfi mengatakan, dana tersebut dapat digunakan untuk berbagai hal. Ia menambahkan, Honda bakal fokus meningkatkan lokal konten khususnya pada model-model yang dibangun berdasarkan studi kepada orang Indonesia. Seperti halnya Brio, Mobilio, dan BR-V.

“Bentuknya bisa macam-macam, mulai dari fasilitas produksi, lokal konten, dan lain-lain. Termasuk nanti kalau ada rencana perluasan pabrik atau apa,” katanya.

“Cuma detailnya seperti apa, masih belum ada. Baru komitmen di Indonesia dengan meningkatkan investasi Rp 5,1 triliun,” ucap Arfi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.