Lewat Tol Layang Japek Pangkas Waktu Tempuh dan Lebih Hemat BBM

Kompas.com - 19/12/2019, 19:02 WIB
Honda CR-V saat menjajal Jalan tol layang Jakarta-Cikampek HPMHonda CR-V saat menjajal Jalan tol layang Jakarta-Cikampek
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada Kamis (19/12/2019), kami berkesempatan mencoba langsung tol layang Jakarta-Cikampek (elevated) yang baru saja diresmikan menggunakan Honda CR-V. Melewati tol layang ini ternyata mampu memangkas waktu perjalanan secara signifikan.

CR-V yang kami kendarai berangkat dari kawasan Sunter sekitar pukul 10.15 WIB. Memasuki Tol Wiyoto Wiyono lewat gerbang tol Tanjung Priok, rombongan langsung dihadang kemacetan. Sekitar 45 menit perjalanan, kami tiba di pintu masuk jalan tol layang Japek di kawasan Cikunir.

Perjalanan melewati tol baru itu memang menghemat waktu. Tercatat rombongan menghabiskan 27 menit di jalan layang sepanjang 36,4 km itu. Kemudian keluar gerbang tol Kalihurip di kawasan Cikampek sekitar pukul 11.30 WIB.

Baca juga: Meski Bergelombang, Tol Layang Jakarta-Cikampek Diklaim Ramai Lancar

Rombongan Honda CR-V melakukan start di kantor pusat HPM sebelum menuju jalan tol layang Jakarta-Cikampek.HPM Rombongan Honda CR-V melakukan start di kantor pusat HPM sebelum menuju jalan tol layang Jakarta-Cikampek.

Artinya total waktu tempuh hanya 1 jam 15 menit. Dibanding jika melewati tol Jakarta-Cikampek existing, perjalanan bisa menghabiskan waktu 2 jam hingga 3 jam untuk melewati rute yang sama.

Selain itu melewati tol layang Japek ternyata juga membuat bahan bakar jadi lebih hemat. Khususnya saat melewati rute sepanjang 175 km dari kantor PT Honda Prospect Motor (HPM) di Sunter menuju restoran Alam Sari di kawasan Kota Bukit Indah di Cikampek secara PP (pulang-pergi).

Untuk diketahui, CR-V yang diuji berhasil meraih catatan konsumsi bahan bakar 16,4 km/liter. Hasil ini terbilang irit dibanding beberapa rekan media yang ikut serta dalam uji coba ini, yang rata-rata mendapat angka 13-14 km/liter.

Baca juga: Batas Maksimal Tinggi Mobil yang Boleh Melintas Jalan Tol Layang Japek

Honda CR-VKompas.com/Dio Honda CR-V

Rahasiannya adalah kecepatan konstan, di sekitar 70-80 km/jam. Tentu saja dengan memanfaatkan fitur cruise control yang tersemat di SUV ini.

“Fitur cruise control dipakai untuk mengeset kecepatan sesuai dengan yang diinginkan, dengan begitu batas kecepatan bisa ditaati dan keuntungan lain dapat menghemat BBM karena putaran mesin bisa dijaga konstan,” kata Yulian Karfili, Public Relation & Digital Manager PT HPM.

Fitur tersebut terbukti membuat konsumsi BBM lebih hemat, sebab putaran mesin terjaga di rentang 2.000-an rpm. Hal ini bisa dilakukan lantaran kepadatan jalan tol layang begitu lengang saat kami uji coba, Kamis (19/12/2019).

Baca juga: Viral Foto Tol Layang Cikampek Bergelombang, Ini Penjelasannya

Honda Prospect Motor menggelar uji coba berkendara di jalan tol layang menggunakan Honda CR-VHPM Honda Prospect Motor menggelar uji coba berkendara di jalan tol layang menggunakan Honda CR-V

Selain itu, kombinasi mesin 1.500 cc VTEC Turbo bertenaga 190 ps dan torsi 248 Nm dengan transmisi otomatis CVT tampaknya juga berperan memberikan kehematan yang maksimal pada CR-V.

Baca juga: Geber Honda CR-V di Tol Layang Jakarta Cikampek

Selama perjalanan, mesin CR-V memberikan tenaga lebih dari cukup. Saat ingin menyalip, tinggal colek sedikit pedal gas, mobil sudah cukup melaju. Putaran mesin pun bisa dijaga untuk tidak berputar di rpm tinggi.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X