Hunting Parts Bodi Motor Bebek Retro, Masih Ada yang Murah

Kompas.com - 19/12/2019, 12:42 WIB
Bebek Retro Honda istimewaBebek Retro Honda

BOGOR, KOMPAS.com – Akhir-akhir ini beberapa bengkel modifikasi mulai ramai mendapatkan orderan merestorasi sepeda motor bebek. Namun, bengkel biasanya hanya menawarkan jasa perbaikan saja, sedangkan komponen atau suku cadang yang rusak, harus hunting secara terpisah.

Pencarian parts atau komponen motor bebek yang berusia tidak muda lagi, memang bisa  dengan kemudahan teknologi, via situs e-commerce. Namun, harga yang tertera biasanya lebih mahal dan tidak bisa ditawar.

Jika mau berusaha, sebenarnya terdapat banyak tempat yang menjual parts motor itu di toko onderdil, salah satunya di Bogor. Ditemui Kompas.com di Pasar Kebon Jahe Bogor (17/12/2019), Saiful Bahri, pemilik toko bodi motor, mengatakan, memang parts untuk motor bebek belakangan, mulai dicari untuk direkondisi.

“Kalau orang udah banyak yang cari bodi motor bebek, di sini jual yang baru juga ada, tetapi yang KW 1, orinya udah susah,” ucap Saiful Bahri kepada Kompas.com.

Menurut Saiful, kebanyakan koleksi parts berupa bodi yang dimiliki berstatus ori, namun bekas. Inventaris ini diperolehnya dari mencari ke bengkel rekanan asuransi atau yang sudah mau tutup, sehingga banyak parts yang dijual.

Baca juga: Ragam Motor Modifikasi Honda

Barang bekasFathan Barang bekas

Hunting parts motor bebek di Pasar Kebon Jahe, relatif lengkap. Jika ada parts yang tidak dimiliki pada satu toko, bisa bergeser ke lapak lain, untuk mencari kelengkapan.

Harga parts yang dijual juga relatif tidak terlalu mahal. Contohnya, untuk full set body Honda Fit S, ditawarkan  kisaran Rp 700.000- Rp 800.000, dan masih bisa ditawar.

“Banyaknya pembeli biasanya untuk rekondisi motornya, banyak yang mecari bekasan juga, tinggal dibersihkan saja,” ucap Saiful.

Perbedaan harga dari barang yang baru dan bekas bisa setengahnya. Misalnya tameng motor yang baru dijual seharga Rp 140.000 dan yang bekasnya bisa setengah harga di kisaran Rp 60.000- Rp 70.000.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X