Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Buruk Motor Sering Isi BBM Tak Sesuai Rekomendasi

Kompas.com - 19/12/2019, 06:42 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap sepeda motor memiliki rekomendasi bahan bakar yang dianjurkan oleh produsen. Terlalu sering mengunakan bensin yang tak sesuai spesifikasi, justru bisa berakibat buruk pada mesin.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, mengatakan, sering memakai bensin di bawah rekomendasi membuat performa motor menjadi tak optimal.

Baca juga: Teknik Mengerem Ketika Berkendara Motor di Jalan Basah

Salah satu yang paling terasa, yaitu akselerasi yang tak halus serta berkurangnya tarikan motor. Hal tersebut dikarenakan adanya pengikisan komponen mesin akibat kerak di bagian ruang bakar.

"Munculnya kerak ini karena motor sering menggunakan bahan bakar kualitas rendah yang mengakibatkan pembakaran kurang sempurna," kata Herman kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Isi bensin self serviceKOMPAS.com/Ruly Isi bensin self service

Jika dibiarkan, bagian silinder akan ikut terkikis yang berakibat keausan terhadap komponen mesin. Lalu, faktor pembakaran yang kurang sempurna ini juga bisa mempengaruhi kualitas oli mesin.

Baca juga: Apa yang Mesti Dilakukan Ketika Mesin Mobil Overheat?

"Oli mesin jadi cepat kotor. Baiknya pergunakanlah bahan bakar yang baik, sesuai rekomendasi motornya tersebut. Sehingga, pembakaran mesin sempurna dan keawetan komponen mesin tetap terjaga," ujar Herman.

Dia mengatakan, salah satu tanda pembarakan kurang baik karena mengkonsumsi BBM oktan rendah, biasanya akan timbul asap putih dari knalpot dan suara mesin kurang halus serta gejala-gejala mesin lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com