Benarkah Motor Harus Dicuci Setelah Berkendara saat Hujan?

Kompas.com - 18/12/2019, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit yang menyatakan bahwa air hujan berbahaya bagi sepeda motor. Oleh sebab itu, supaya terhindar dari segala kerusakan, baiknya motor dibilas sesudah 'mandi hujan'.

Adapun beberapa kerusakan yang dimaksud ialah, air hujan mampu menghilangkan kecerahan tampilan motor, munculnya endapan kotor di kampas rem sehingga muncul decitan, sampai bocornya suspensi.

Kepada Kompas.com, Technical Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno, menyatakan, bahwa isu tersebut tidak sepenuhnya benar. Terlebih pada motor baru yang terus mengalami penyempurnaan.

Baca juga: Jakarta Mulai Banjir, Bagaimana Operasional Taksi Listrik?

Jalan Patra, Kebon Jeruk, Jakarta Barat yang tergenang banjir pada Selasa (17/12/2019) petang KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJAR Jalan Patra, Kebon Jeruk, Jakarta Barat yang tergenang banjir pada Selasa (17/12/2019) petang

"Bisa dikatakan itu adalah mitos, karena setiap hari kehujanan. Lalu kapan kita membersihkannya? Kecuali jika motor terendam atau melintas genangan air yang cukup tinggi," katanya di Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Itupun, lanjut dia, hanya terjadi jika motor terendam dalam waktu cukup lama. Kecuali kalau genangan air sangat kotor atau lebih banyak mengandung pasir.

"Biasanya motor akan bermasalah jika sudah terendam berhari-hari atau genangannya berpasir. Motor patut dibongkar untuk dilihat semua soket kabel, saringan udara, busi, knalpot, karburator, serta bagian sekitarnya," kata Endro.

Salah satu yang patut diperhatikan selama musim hujan adalah, pemilihan lokasi parkir yang tepat. Jangan sampai, ketika hujan, lokasi parkir itu tergenang air dalam, sehingga motor ikut terendam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.