4 Tanda Ban Mobil yang Harus Segera Diganti

Kompas.com - 17/12/2019, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBan merupakan komponen vital bagi kendaraan baik roda dua, empat, ataupun lebih. Ban juga tergolong komponen yang punya masa usia pakai, masuk dalam kategori fast moving parts yang perlu diganti ketika sudah waktunya. 

Lantas bagaimana cara memastikan kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban pada mobil?

Ditemui otomotif Kompas.com di Gandaria, Jakarta Selatan, Senin (16/12/2019), Benny, Head of Specialist Spooring and Balancing Surya Aneka Ban, mengatakan, ban yang sudah perlu diganti dapat terlihat secara fisik.

Baca juga: Apa yang Mesti Dilakukan Ketika Mesin Mobil Overheat?

IBenny menambahkan, ban yang memerlukan perawatan dapat diketahui gejalanya sebagai berikut:

1. Kondisi tapak ban sudah gundul (botak)

Tapak ban yang sudah gundul akan mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Secara fisik ban yang sudah gundul dapat terlihat dengan visual. Kondisi tersebut mengharuskan ban harus segera diganti.

Level gundul atau tidak satu ban, bisa ditentukan lewat tire wheel indicator (TWI) berupa segitiga yang biasanya ada pada sisi ban.

Jika permukaan karet pada tanda ini sudah tergerus, maka kondisi ban dipastikan wajib diganti. Pasalnya, kembangan yang ada sudah tidak berfungsi maksimal lagi, mulai aus. 

Kondisi ban aus berbulupopularmechanics.com Kondisi ban aus berbulu

2. Perubahan pada kemudi

Setir yang dikemudikan akan terasa tidak nyaman (ngambang), biasanya oversteer atau understeer yang berlebihan. Kondisi ini terjadi disebabkan oleh ban yang bermasalah. Baik karena usia ataupun kurangnya perawatan.

Ban mobil kempis di jalan Tol fungsional Kaligangsa-Gringsing arah Jakarta.istimewa Ban mobil kempis di jalan Tol fungsional Kaligangsa-Gringsing arah Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.