Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawan Macet, Siapkan Jalur Alternatif Saat Pergi Liburan Akhir Tahun

Kompas.com - 16/12/2019, 06:32 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen akhir tahun seperti ini tak sedikit keluarga yang merencanakan liburan ke luar kota menggunakan kendaraan pribadi. Meski mengasyikkan, saat perjalanan dengan mobil tetap saja harus mengutamakan kenyamanan dan keselamatan.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan, saat berpergian di musim liburan yang cukup padat maka sebaiknya pengemudi juga merencanakan rute yang dilalui dengan teliti.

Baca juga: Pilih Waktu Tepat untuk Memulai Perjalanan Balik Mudik

"Rencanakan rute perjalanan yang akan ditempuh. Jalur utama pasti akan jadi biang kerok kemacetan. Alangkah baiknya kita memiliki rute atau opsi dalam perjalanan Masukkan rute opsi saat macet timbul," kata Jusri kepada Kompas.com, Minggu (15/12/2019).

Jusri mengatakan, liburan khususnya bersama keluarga ialah momen yang harus dinikmati, sehingga managemen stres juga penting apalagi jika terkena macet. Tapi kalau tidak melalui jalan utama pikirkan soal logistik.

"Tapi kalau misalnya rute kita bukan melalui jalur utama, mungkin tidak masalah. Tapi yang jadi masalah ialah pastikan suplai logistik seperti makanan dan pom bensin mudah ditemui," katanya.

Baca juga: Mudik dengan Mobil Pribadi, Apa yang Harus Disiapkan?

Jusri mengatakan, jika terjebak macet entah itu di jalan raya atau tol jangan sungkan untuk mencari jalur alternatif. Sekarang peta digital yang bisa memberikan arah, dan jalan alternatif pun bisa membuat suasana baru.

"Sekarang banyak peta online. Kita jadi termotivasi mengeksplor. Tapi pastikan juga point of interest, bukan hanya pom bensin tapi hotel dan rumah sakit, terlebih jika ada anggota keluarga yang lansia atau balita," kata Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com