Menguji Performa Wuling Cortez CT

Kompas.com - 15/12/2019, 16:02 WIB
Wuling Cortez CT KOMPAS.com / Aditya MaulanaWuling Cortez CT

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembahasan terakhir, yaitu tentang bagaimana performa dari Wuling Cortez CT. Secara modal, MPV medium ini dibekali mesin 4 silinder 1.500 cc dengan turbocharger besutan Honeywell.

Melihat dari data spesifikasi di atas kertas, Cortez CT ini memiliki tenaga maksimal 140 tk dan torsi 250 Nm. Varian baru yang resmi diluncurkan pada April 2019 ini memiliki dua pilihan transmisi, yakni manual 6-percepatan, dan CVT.

Baca juga: Mengulik Desain Interior Wuling Cortez CT

Unit yang diuji Kompas.com, yaitu pilihan transmisi CVT. Wuling tergolong jeli menyikapi trend belakangan ini, menempatakan mesin berkapasitas kompak namun memiliki tenaga serta torsi yang pas untuk penggunaan beragam kondisi jalan.

Wuling Cortez CTKOMPAS.com / Aditya Maulana Wuling Cortez CT

Apabila dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya, yaitu Toyota Innova, komposisi tenaga dan torsi Cortez CT jauh lebih baik. Innova sendiri dengan mesin 2.0-liter punya tenaga dan torsi lebih kecil, 130 hp serta 180 Nm.

Pengujian kali ini dilakukan melewati berbagai kontur jalan, mulai perkotaan yang padat, jalan tol, hingga yang naik dan turun.

Baca juga: Kesan Sporty di Balik Bodi Wuling Cortez CT

Tenaganya sudah mulai terasa di putaran mesin bawah, tetapi ada sedikit gelala leg ketika pedal gas diinjak dalam secara mendadak.

Wuling Cortez 1.5L Turbo CVT Wuling Cortez 1.5L Turbo CVT

Alhasil, sepersekian detik mobil tidak bergerak, namun ketika putaran mesin sudah pada puncak tenaga, Cortez CT melaju dengan baik. Dalam kondisi ini yang perlu Anda perhatikan tentunya menjaga putaran mesin.

Kondisi yang sama tentunya bisa ditemukan saat melewati jalan-jalan pegunungan seperti di daerah Tangkuban Perahu hingga Lembang.

Suspensi Wuling Cortez cukup mumpuni untuk karakter jalan di IndonesiaKompasOtomotif - AFH Suspensi Wuling Cortez cukup mumpuni untuk karakter jalan di Indonesia

Selanjutnya, ketika melaju di jalan tol memiliki tenaga yang cukup banyak. Sebenarnya masih bisa dipacu lebih dari 100 kpj, tetapi karena ada aturan batas kecepatan maksimal, Kompas.com hanya memacu sesuai aturan.

Usai mencoba, kesimpulannya MPV medium Wuling ini memiliki performa yang cukup bagus. Tetapi, seperti yang dikatakan di atas bahwa masih terjadi gejala leg apabila pedal gas diinjak secara mendadak.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X