Isuzu Tertarik Bangun RnD di Indonesia

Kompas.com - 15/12/2019, 11:01 WIB
Isuzu Traga jalani ekspor perdana di Karawang, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019) KOMPAS.com/RulyIsuzu Traga jalani ekspor perdana di Karawang, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019)
|

KARAWANG, KOMPAS.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menyebut akan memanfaatkan berbagai insentif yang ditawarkan pemerintah Indonesia guna keberlangsungan bisnisnya di tanah air.

Dikatakan Vice President Director PT IAMI Keiji Takeda, salah satu yang jadi perhatian ialah kebijakan super deduction tax hingga 300 persen. Artinya, Isuzu berencana untuk membangun kegiatan penelitian dan pengembangan (RnD) di Indonesia.

"Baru saja minggu kemarin dibahas, kami memang ada rencana untuk itu. Tapi terkait detail dan kepastiannya, saya belum bisa katakan karena masih tahap pembatasan," ujarnya di Karawang, Jawa Barat, belum lama ini.

Baca juga: Penjualan Tumbuh Signifikan, Isuzu Indonesia Ingin Jadi Basis Ekspor

Ekspor perdana Isuzu TragaRuly Kurniawan/Kompas.com Ekspor perdana Isuzu Traga

Keiji juga mengaku bahwa wacana akan membangun RnD di Indonesia sudah berlangsung cukup lama. Namun karena terbentur berbagai hal, rencana besar tersebut urung dilaksanakan.

"Kalau bisa saya katakan, mungkin sudah 5 tahun yang lalu. Tapi karena berbagai hal, kami tidak bahas lagi. Sekarang, kami kembali melihat kemungkinan tersebut," ujar dia.

Sebagai informasi, super deductible tax mengatur pemberian insentif fiskal berupa keringanan pajak bagi industri yang berinvestasi untuk kegiatan vokasi serta RnD di Indonesia.

Fasilitas ini merupakan penambahan faktor pengurangan pajak penghasilan (PPh) di atas 100 persen, sehingga yang dibayarkan badan usaha akan semakin kecil.

Melalui kebijakan tersebut, diharapkan industri bisa memaksimalkan penciptaan tenaga kerja berkualitas dan produk yang kompetitif. Pasalnya, adaptasi terhadap perubahan akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X