Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misi di Balik Berdirinya Komunitas Tesla Indonesia

Kompas.com - 15/12/2019, 10:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meramaikan era elektrifikasi, akhirnya beberapa pemilik Tesla di Tanah Air sepakatmendirikan komunitas Tesla Club Indonesia (TCI).

Persemiannya pun digelar beberapa waktu lalu di Jakarta yang dihadiri para tokoh penting seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Presiden TCI Ahmad Sahroni, menjelaskan bila salah satu visi dan misi dari pembentukan komunitas ini tak lain merupakan sebagai perwujudan dukungan atas program yang diperioritaskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas percepatan kendaraan listrik di Tanah Air.

Baca juga: Ini Dia Komunitas Mobil Listrik Tesla

"Sebagai pengguna mobil listrik, kami membentuk Tesla Club Indonesia sebagai bentuk dukungan atas program pemerintah yang beralih dari penggunaan bensin ke mobil listrik. Ini adalah inisiatif yang sangat baik dan wajib kita dukung bersama," ujar pria yang juga dijuluki "Crazy Rich Tanjung Priok, tersebut dalam keterangan resminya, Sabtu (14/12/2019).

Menurut Sahroni, salah satu alasan mengapa pengembangan mobil listrik dijadikan program prioritas oleh pemerintah Indonesia, tak lain karena berkaitan erat dengan isu lingkungan hidup, seperti upaya menekan polusi udara.

Tesla Club Indonesia Tesla Club Indonesia

Dengan kelebihan Tesla sebagai mobil listrik, otomatis dari kadar gas buang yang dihasilkan pun tidak ada. Karena itu, kendaraan listrik menurut Sahroni dianggap sebaga salah satu solusi yang tepat untuk menciptakan udara yang bersih, khususnya di Jakarta.

Baca juga: Daftar Mobil Listrik yang Ada di Indonesia

Apalagi saat ini sudah ada banyak rancangan insentif yang siap diberikan pemerintah demi mengembankan penggunaan mobil listrik di Indonesia. Mulai dari insentif bea masuk, pajak penjualan, hingga pembuatan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Tesla Club Indonesia resmi dibentuk di IndonesiaIstimewa Tesla Club Indonesia resmi dibentuk di Indonesia

"Selain bentuk dukungan kami kepada pemerintah, mobil listrik juga ramah lingkungan, sehingga mampu membantu berkontribusi atas terciptanya udara yang sehat dan segar bagi masyarakat," ucap Sahroni.

Walau secara keanggotaan masih sangat sedikit, hal tersebut cukup wajar menginggat memang kendaraan listrik belum terlalu familiar di Indonesia baik dari segi teknologi apalagi ditambah harganya yang sangat mahal. Namun yang perlu jadi catatan adalah, TCI menjadi komunitas mobil listrik pertama yang berdiri di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com