Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Terjadi pada Mobil Jika Terlampau Lama Parkir

Kompas.com - 14/12/2019, 17:42 WIB
Ari Purnomo,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com- Di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, terdapat mobil yang sudah terparkir lebih dari enam bulan. Selama itu, otomatis mobil tidak dihidupkan dan dirawat oleh sang pemilik.

Padahal, seharusnya sebuah mobil perlu dilakukan perawatan secara rutin. Minimal dilakukan pemanasan mesin mobil seminggu sekali.

Langkah ini dilakukan untuk menjaga pasokan listrik pada baterai agar tidak rusak. Selain menjaga kondisi baterai, juga untuk menjaga bagian yang lain.

Lantas ancaman apa saja yang bisa terjadinpada mobil yang parkir terlampau lama dinparkiran umu.

Simak ulasan Kompas.com dengan Supervisor bengkel Carfix area Jateng Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Natalis Yogo Asmoro.

Menurut Natalis, sejumlah kerusakan bakal terjadi pada mobil yang tidak dirawat selama berbulan-bulan. Salah satunya adalah bagian pengereman.

Tidak menutup kemungkinan rem akan macet karena tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

“Kalau sampai lebih dari enam bulan tidak digunakan, bisa membuat rem macet. Hal ini karena, mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama,” katanya saat dihubungi KOMPAS.com, Sabtu (14/12/2019).

Baca juga: Viral Tagihan Parkir di Bandara sampai Rp 10 Juta, Ini Tarifnya

 

Belasan mobil diparkir berjejer di area parkir kluster A Blok Bawal, Rusun Marunda, Jakarta Utara, Kamis (12/9/2013).KOMPAS.com/DIAN FATH RISALAH EL ANSHARI Belasan mobil diparkir berjejer di area parkir kluster A Blok Bawal, Rusun Marunda, Jakarta Utara, Kamis (12/9/2013).

Fan belt Rawan Putus

Salah satu bagian yang tidak kalah penting adalah keberadaan fan belt. Karet yang berfungsi untuk memutarkan bagian mesin sangat rentan putus jika mobil lama tidak digunakan atau dihidupkan.

“Kondisi karet kan itu harusnya tegang kendor saat mesin menyala. Tetapi, kalau mesin lama tidak dihidupkan otomatis fan belt akan tegang terus,” tutur Natalis.

Akibatnya, fan belt bisa retak-retak dan rawan putus jika nantinya mesin dihidupkan.

Setir macet

Bagian kemudi juga akan mendapatkan dampak dari lamanya mobil tidak digunakan. Tidak menutup kemungkinan, setir akan mengalami kerusakan sehingga tidak bisa stabil saat jalan.

“Kalau sudah power steering mungkin sudah tidak bisa stabil lagi. Mungkin karena kotor atau bahkan sampai berkarat,” katanya.

Baca juga: Viral Tagihan Parkir di Bandara sampai Rp 10 Juta, Ini Tarifnya

Water spot di permukaan cat mobilhttp://northwestautosalon.com Water spot di permukaan cat mobil

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com