Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencegah Belang pada Cat Mobil

Kompas.com - 14/12/2019, 16:22 WIB
Fauzan Dary Setyawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kontur warna (belang) pada cat bodi mobil mengganggu estetika kendaraan. Perlu perhatian khusus agar kontur cat tak berbeda antara bagian satu dengan lainnya. 

Merawat cat pada bodi mobil dengan baik tentu saja salah satu upaya merawat kendaraan tesebut. otomotif Kompas.com kali ini akan membahas bagaimana mencegah agar cat pada bodi mobil tidak belang. 

Baca juga: Deretan Mobil Baru yang Meluncur Sepanjang 2019

Ditemui otomotif Kompas.com, di Ciledug, Tangerang Selatan, Rabu (11/12/2019), Christian Kurniawan, Workshop Head Body and Repair Astra Daihatsu, mengatakan, ada beberapa penyebab cat pada bodi mobil menjadi belang, salah satunya yakni meletakkan mobil ditempat yang tidak tertutup atau tanpa atap. 

Kata Chirstian, belang pada cat bisa disebabkan beberapa hal. Misalnya, pada pemilik mobil dengan kelir putih, kata Christian, baiknya jangan menggunakan cover bodi atau sarung mobil sembarang. Pastikan kualitas dari sarung mobil yang digunakan aman atau tahan panas dan hujan.

“Lapisan cat akan menjadi lembab karena tertutup. Lama kelamaan cat dari kendaraan tersebut akan belang (ngecap),” ujar Christian.

Cairan pelapis cat mobil, melindungi dari ancaman goresan.Donny Apriliananda/Kompas.com Cairan pelapis cat mobil, melindungi dari ancaman goresan.

Ia menambahkan, jika memarkir kendaraan seharusnya ditempat yang teduh dan tidak terkena panas. Diusahakan parkir ditempat yang terhindar dari sinar matahari agar tidak terkena sinar ultraviolet. karena pancaran sinar tersebut langsung masuk kedalam pori-pori cat. 

“Selanjutnya ketika sehabis digunakan dan terkena hujan, sebaiknya langsung dicuci. Jika tidak sempat cukup dibilas dengan air bersih saja, kemudian perlu dipoles secara periodik, minimal sebulan sekali,” kata Christian.

Baca juga: Ketahui Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com