Fitur Keselamatan Darurat Tersedia pada Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 13/12/2019, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comJalan tol layang Jakarta-Cikampek sepanjang 36,4 kilometer, jadi tol layang terpanjang di Indonesia. Sebelumnya rekor terpanjang dipegang tol Wiyoto Wiyono, yang memiliki jarak 15 kilometer.

Karena panjangnya, pengemudi disarankan menyiapkan fisik dan kendaraan, sebelum berkendara di sepanjang ruas Cikunir sampai Karawang Barat tanpa pintu keluar.

Untuk meningkatkan keamanannya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, mengatakan pada jalan tol layang tersebut disediakan beberapa fitur keselamatan dalam kondisi darurat.

Baca juga: Tol Layang Japek Diresmikan Jokowi, Ini Golongan Kendaraan yang Boleh Lewat

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek diresmikan langsung oleh Presiden Joko WidodoKementerian PUPR Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo

"Pertama ada 8 emergency U turn, ada 2 emergency exit ramp, 4 emergency parking bay dan CCTV 113 titik,” ujar Danang dalam keterangan resmi, Kamis (12/12/2019).

Rencananya tol ini akan dibuka beberapa hari lagi, dalam rangka menyambut libur natal dan tahun baru 2020 (Nataru). Kendaraan yang melintas tol layang ini diperuntukkan bagi kendaraa tujuan jarak jauh, terutama golongan I non bus.

“Di setiap bukaan disediakan kendaraan emergency seperti kendaraan derek dan ambulan sehingga betul-betul pengguna merasakan aman dan nyaman," katanya.

Baca juga: Pengamat Sebut Jalan Tol Layang Japek Aman Dikebut sampai 80 Kpj

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek memiliki beberapa fitur keselamatan untuk keadaan darurat.Kementerian PUPR Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek memiliki beberapa fitur keselamatan untuk keadaan darurat.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga Jalan Layang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono, mengatakan jalan tol layang tersebut dilengkapi dengan 8 akses jalur darurat yang terhubung dengan setiap simpang susun (interchange) di jalur eksisting.

"Tujuannya agar ketika ada kondisi darurat bisa segera ada akses evakuasi lewat interchange yang dilengkapi tangga ke bawah. Delapan titik tersebut ada di KM 13, 17, 21, 24, 28, 31, 36 dan 38," ucap Djoko, dalam siaran pers yang diterima pada Rabu (11/12/2019).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.