Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Akhir Tahun, Jangan Tergiur Mobil Bekas Harga Miring

Kompas.com - 12/12/2019, 15:42 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang libur akhir tahun penjualan mobil bekas pada umumnya mengalami lonjakan drastis dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Namun bagi yang berminat mencari mobil seken, jangan mudah tergiur dengan segala iming-iming yang diberikan.

Presiden Direktur mobil88 Halomoan Fischer, mengingatkan bagi masyarakat untuk wasapada karena umumnya momen liburan dan akhir tahun kerap diwarnai dengan peredaran "mobil sampah".

"Ini memang jadi fenomena yang biasanya terjadi pada momen tertentu karena ada oknum-okum yang ingin memamfaatkan situasi. Sebenarnya bukan hanya pedagang mobil bekas saja, ada juga yang indivudu menawarkan mobil bekas dengan harga miring," kata Fischer kepada Kompas.com, pertengahan bulan lalu.

Baca juga: Diskon Akhir Tahun Berdampak Negatif pada Bisnis Lelang Mobil Bekas

Maksud dari mobil sampah sendiri menurut Fischer ada beberapa versi. Mulai dari kondisi mobil yang tidak bagus namun diakali agar terlihat baik, sampai mobil dengan kondisi nihil surat-surat.

-- -

Fischer menjelaskan biasanya oknum akan menawarkan dengan beragam cara, paling utama dari segi harga jual yang jauh lebih miring dari pasaran. Sementara untuk operasinya lebih banyak bermain melalui cara-cara daring, mulai situs jual-beli online, sosial media, dan lain-lainnya.

"Soal kondisi mobil ini biasanya beragam, dari mobil yang sudah rusak secara teknis, atau mungkin bekas banjir dan tabrakan. Selain itu juga masalah surat-surat atau dokumen yang tidak lengkap," ujar Fischer.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Pasar Mobil Bekas Juga Lesu

Mobkas Mobil88Stanly/Otomania Mobkas Mobil88

Guna menghindarinya, Fischer menyarankan masyarakat yang ingin membeli mobil bekas untuk lebih teliti dan usahakan mencari dari showroom. Alasannya, dengan membeli di showroom mobkas, otomatis potensi penipuan akan lebih kecil.

Selain itu, Fischer juga menyarankan membawa rekanan yang mengerti soal kondisi mobil. Hal ini penting untuk dijadikan referensi sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli unitnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com