Kenali Perbedaan Busi Panas dan Busi Dingin

Kompas.com - 11/12/2019, 10:02 WIB
Busi motor Injeksi zona435412Busi motor Injeksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Busi memiliki dua tipe, biasa disebut busi panas dan busi dingin. Perbedaan keduanya terletak pada heat range atau kemampuan masing-masing busi bekerja dalam temperatur ruang bakar.

Disebut busi panas karena busi sulit untuk melepas panas dan juga mudah menjadi panas. Sedangkan busi dingin memiliki sifat sebaliknya, yakni mudah melepas panas dan cepat menjadi dingin.

Baca juga: Tips Merawat Busi pada Motor

Cara membedakan busi panas dan busi dingin cukup mudah. Ujung isolator busi panas biasanya lebih panjang, sedangkan busi dingin lebih pendek, yang mana alasan jadi lebih mudah melepas panas.

Busi MotorFoto: NGK Busi Motor

Tehnical Support PT NGK Busi Indonesia Diko Oktaviano, mengatakan, selain bentuk ulir, perbedaan antara busi panas dan dingin juga dapat dilihat dari angka yang tertulis di setiap kode part busi.

Baca juga: Kenali Tiga Ciri Busi Palsu

"Semakin tinggi angkanya semakin cepat dia melepas panas ( busi dingin) dan semakin kecil angkanya semakin lambat dia buang panas (busi panas)," kata Diko kepada Kompas.com, Selasa (10/12/2019).

Penggunaan busi panas atau dingin sebaiknya disesuaikan dengan kompresi motor. Busi panas biasanya digunakan pada motor standar pabrik. Sedangkan busi dingin untuk motor yang memiliki kompresi tinggi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X