Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Piranti Sistem E-Drives Bisa Bertahan Lama?

Kompas.com - 10/12/2019, 18:42 WIB
Fauzan Dary Setyawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA. KOMPAS.COM – Sistem E-Drives sudah terintegrasi dengan perangkat elektronik berkemampuan tinggi. Namun, bagaimana jika peralatan elektronik tersebut mengalami kendala dan bagaimana dengan proses ujian SIM bagi pesertanya?

Ditemui oleh Kompas.com di Satuan Penyelenggara Administrasi dan Gerai Surat Izin Mengemudi (Satpas SIM Daan Mogot, Kepala Seksi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, AKP Lalu Hedwin Hanggara, menjelaskan, bahwa peralatan penunjang sistem pembuatan SIM E-Drives akan selalu dimonitor.

Sesuai karakter barang elektronik, kata Hedwin, tetap ada usia pakainya.

“Jika alat-alat penunjang sistem E-Drives tersebut mengalami kendala, sebenarnya di sini kami juga sudah siapkan teknisi yang berkompeten dan selalu standby untuk menangani permasalahan tersebut,” ujar Hedwin kepada Kompas.com, di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Baca juga: Disebut Masih Gredek Simak Perbedaan Mesin ADV 150 dengan PCX 150

Perangkat yang menjadi penunjang keberjalanan sistem E-Drives setiap hari akan selalu dilakukan pengecekkan. Apabila terdapat komponen yang malfunction dapat segera diselesaikan.

Hedwin menambahkan, setiap hari kita lakukan pengecekkan terhadap komponen-komponen tersebut. Modul-modul tersebut menggunakan baterai, normalnya dapat bertahan mencapai 1 tahun, namun setiap minggu dilakukan pengecekkan, ketika daya baterai berkurang langsung dilakukan penggantian baterai.

Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKP, Lalu Hedwin di tempat ujian praktik SIM Satpas Daan Mogot, Jakbar, Selasa (10/12/2019)KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJAR Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKP, Lalu Hedwin di tempat ujian praktik SIM Satpas Daan Mogot, Jakbar, Selasa (10/12/2019)

Lebih lanjut, ketika terjadi gangguan atau kendala pada perangkat tersebut, maka seluruh proses pembuatan SIM tetap dilakukan karena pihak terkait sudah menyiapkan cadangan jika kendala tersebut terjadi.

Baca juga: Begini Cara Pembuatan SIM Berbasis E-Drives di Satpas SIM Daan Mogot

“Kemudian kita juga menyiapkan metode yang lama apabila semua komponen-komponen tersebut mengalami kendala. Semuanya sudah kita siapkan agar seluruh proses pembuatan SIM tidak terganggu,” kata Hedwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com