Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Tol Layang Jakarta-Cikampek Mulai Bayar?

Kompas.com - 10/12/2019, 16:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Elevated II, siap beroperasi pada 20 Desember 2019 mandatang. Pada tahap fungsional, masyarakat pemilik mobil pribadi bisa melintasinya secara cuma-cuma alias gratis.

Lantas kapan tol layang terpanjang di Indonesia itu mulai bayar? Menjawab hal ini, Sekretaris Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Cucu Mulyana, mengatakan sisitem tarif baru akan dimulai pada 2020 mendatang.

"Untuk operasional secara komersial mungkin baru akan diterapkan pada akhir Januari atau di awal Februari 2020 mendatang. Nanti itu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menetapkan," kata Cucu kepada wartawan di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019).

Baca juga: Jangan Salah, Tol Layang Jakarta-Cikampek Hanya untuk Jarak Jauh

Tol Layang Jakarta-CikampekPT Jasa Marga (Persero) Tbk Tol Layang Jakarta-Cikampek

Lebih lanjut Cucu juga menjelaskan, saat dibuka pada 20 Desember nanti, peruntukannya hanya untuk kendaraan golongan 1 atau mobil pribadi. Karena masih ada beberapa penyempurnaan pada sambungan ruas jalan, kecepatan kendaraan pun dibatasi hanya 60 kpj.

Sementara itu, Kepala Badan Pegelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono, mengatakan, bila kehadiran Tol Layang Cikampek akan sangat meringankan beban kondisi lalu lintas di kawasan tersebut.

Tol Layang Jakarta-CikampekPT Jasamarga Jalanlayang Cikampek Tol Layang Jakarta-Cikampek

Tapi yang menjadi catatan, kemungkinan besar arus mobilitas baik yang mengarah ke Jakarta atau Jawa Barat akan meningkat drastis.

"Paling tidak di musim-musim liburan itu arus lalu lintas baik ke Bandung atau Jakarta akan makin deras (ramai). Tapi dampak positifnya, beban volume jalan di bawah akan berkurang," kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com