Kaleidoskop 2019

10 Berita Terpopuler 2019, dari Mobil Menteri Jokowi hingga Esemka

Kompas.com - 09/12/2019, 16:07 WIB
Ilustrasi KOMPAS.com / Aditya MaulanaIlustrasi
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sepanjang tahun 2019, ada berbagai berita yang paling populer. Mulai rencana perubahan bentuk Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), gerbang tol yang menerapkan ganjil genap, terbakarnya Lamborghini artis Raffi Ahmad sampai dengan mobil buatan dalam negeri Esemka.

1. Perubahan bentuk STNK

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berinovasi dengan memanfaatkan kemajuan jaringan teknologi informasi demi kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Seusai meluncurkan Smart SIM atau SIM elektronik, Polri melanjutkan program digitalisasi.

Salah satunya dengan menyiapkan e- STNK atau STNK elektronik. Sebelumnya, STNK terdiri dari dua surat, yaitu surat tanda nomor kendaraan bermotor dan tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran.

Rencananya bentuk e-STNK akan berubah total. Surat-surat yang biasa dilipat di dalam kantong plastik itu bakal digantikan dengan sebuah kartu berisi cip, seperti halnya surat izin mengemudi (SIM).

Direktur Registrasi Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen (Pol) Halim Pagarra, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (31/10/2019), membenarkan rencana penerbitan STNK model baru itu.

“Benar akan jadi kartu, tetapi desainnya masih bisa berubah, dalam pengkajian,” ucap Halim Pagarra.

Baca juga: Kamera Tilang Elektronik di Jalur Busway Diperbanyak

2. 28 tol terapkan ganjil genap

Perluasan pembatasan kendaraan dengan sistem plat nomor ganjil genap berlaku hari ini, Senin (9/9/2019). Selain ruas jalan yang ditambah, ada 28 gerbang tol ikut kena aturan ini.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan, terdapat 25 ruas jalan dan 28 gerbang tol di Jakarta yang terkena perluasan sistem pembatasan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X