Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Lagi soal Diskriminasi terhadap Parkiran Motor di Mal Jakarta

Kompas.com - 09/12/2019, 06:32 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga DKI Jakarta dan sekitarnya yang datang ke mal menggunakan sepeda motor, pasti merasa jika tempat parkir untuk roda dua diposisikan jauh dari pintu masuk pusat perbelanjaan.

Berbeda dengan mobil, selain dibuat dekat juga atapnya tertutup karena sebagain besar terdapat di ruang bawah alias basement. Jelas, kebijakan ini membuat diskriminasi ekonomi kepada para pengguna sepeda motor.

Menanggapi hal ini, Ketua Asosiasi Pengelola Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan mengatakan, pengelola mal hanya wajib menyediakan parkir mobil. Sementara parkir motor tidak wajib, dan menjadi kebijakan dari masing-masing pengelola mal itu sendiri.

Baca juga: Mengapa Ada Perbedaan Layanan Parkir antara Motor dan Mobil di Mal?

"Soal parkir motor tidak ada aturan bakunya, kembali lagi ke target marketnya seperti apa. Kalau memang banyak yang pakai motor, pasti disediakan,” ucap Ridwan ketika dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ilustrasi parkir motor khusus moge yang terletak di Tangcity MallTwitter @tangcity Ilustrasi parkir motor khusus moge yang terletak di Tangcity Mall

Ridwan menambahkn, ada beberapa mal juga tidak menyediakan tempat parkir untuk motor. Biasanya pusat perbelanjaan yang memiliki target pasar menengah ke atas.

Sementara mal dengan segmen pengunjungnya menengah ke bawah sudah pasti menyediakan parkir motor. Jumlah parkir motornya bahkan bisa ada di setiap lantai.

Baca juga: Pemilik Moge Wajib Perhatikan Ini Sebelum Parkir di Mal

“Mal kelas menengah biasanya menyediakan parkiran motor. Jumlahnya bahkan bisa lebih banyak dari mobil, karena itu sesuai target pasarnya,” kata Ridwan.

Pengendara sepeda motor mengambil tiket parkir di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Selasa (5/12).ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja Pengendara sepeda motor mengambil tiket parkir di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Selasa (5/12).

Berdasarkan pantauan tim redaksi Kompas.com, salah satunya, yakni mal ternama yang tidak menyediakan parkir motor resmi, seperti Plaza Indonesia. Kebijakan ini membuat diskriminasi ekonomi kepada para pengguna sepeda motor.

Terletak di pusat Kota Jakarta yang strategis, Plaza Indonesia terkenal sebagai mal kelas atas. Berbagai merek ternama dunia juga membuka gerainya di pusat perbelanjaan itu.

"Mal kelas atas memang tidak menyediakan parkiran motor. Ada paling sedikit hanya untuk karyawan saja,” ucap Ridwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com