Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Mobil Liburan Akhir Tahun, Jangan Lupa Servis Dulu

Kompas.com - 08/12/2019, 14:41 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang musim libur Natal dan Tahun Baru, beberapa pemilik mobil biasanya sudah mengagendakan perjalanan jauh bersama teman atau keluarga. Nah, agar aman dan nyaman, maka kondisi mobil pun wajib dalam keadaan prima.

Menurut Suparna, selaku Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, agar mobil yang digunakan tetap nyaman saat menembuh perjalana jarah jauh, minimal pemilik harus melakukan pengecekan sebelumnya.

"Pada dasarnya bila memang mobil rutin melakukan perawatan berkala tidak akan ada kendala, tapi paling utama itu baiknya memastikan dulu beberapa hal penting. Misalnya seperti oli mesin, transmisi, sampai cairan pendingin, dan pengereman," kata Suparna kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Begini Cara Gampang Cek Kondisi Karet Wiper

Suparna menjelaskan, bagi pemilik mobil yang memang di bulan Desember sudah harus melakukan perawatan berkalan enam bulan sekali, baik jangan ditunda-tunda. Karena dengan demikian, pemeriksaan mobil bisa lebih akurat oleh teknisi langsung.

Toyota C-HR Hybrid lagi servis di bengkel resmi Auto2000 di Banyuwangi.                               Toyota Toyota C-HR Hybrid lagi servis di bengkel resmi Auto2000 di Banyuwangi.

Semua komponen yang sifatnya penyetelan dan pergantian sesuai periodic maintenance otomatis akan dilakukan. Sebut saja seperti air cleaner, busi, oli, filter oli, dan lain sebagainya. Sementara untuk bagian sasis dan penggerak juga demikian, pemeriksaan akan dilakukan mulai dari transmisi sampai roda.

Termasuk fungsi dari pengereman dan memantau kondisi ban yang kaitannya erat dengan fungsi kemudi dan berguna mengecek masalah front wheel aligment-nya. Khusus untuk ban, sebenarnya bisa juga dipantau secara pandangan mata atau visual.

"Seperti diketahui, ban menjadi salah satu komponen penting yang tak boleh diabaikan. Bila memang tekanan udaranya kurang, jangan tunda untuk disesuaikan kembali, bila melihat permukaannya sudah aus, sebelum melakukan perajalanan jauh ganti lebih dulu untuk faktor keamanan," ucap Suparna.

Baca juga: Ingat Lagi, Ban Serep Juga Butuh Perawatan Khusus

Mitsubishi luncurkan Instant Tire Repair KitIstimewa Mitsubishi luncurkan Instant Tire Repair Kit

Untuk masalah ban, Suparna juga mengingatkan pemilik mobil agar mengecek kondisi ban serep atau cadangan. Karena akibat kurang diperhatikan, biasanya kondisinya tidak terawat, begitu dibutuhkan, ban cadangan malah tak bisa digunakan yang mungkin karena kurang udara atau justru sudah benar-benar tak bisa digunakan.

Begitu juga soal wiper. Mengingat sudah mulai musik musim hujan, Suparna meminta pemilik mobil untuk tak lupa mengecek kondisinya beserta cairan pembersih yang menjadi komponen vital dalam menjaga visibilitas saat berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com