Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Jenis dan Fungsi Sensor pada e-Drives Ujian Praktik SIM

Kompas.com - 05/12/2019, 17:22 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Metro Jaya resmi memperkenalkan sistem electronic driving system ( e-Drives). Dengan e-Drives, tes praktik ujian Surat Izin Mengemudi ( SIM) di Jakarta lebih moderen karena sudah terkomputerisasi.

Dengan e-Drives maka tes praktik tak lagi dinilai secara manual melalui petugas yang ada di lapangan, tapi sudah menggunakan empat sensor yang terkoneksi langsung ke komputer. Sensor akan mengetahui jika terjadi kesalahan.

Baca juga: Tahun Depan Sepeda Motor Juga Kena Tilang Elektronik

Ujian praktik SIM A dan C menggunakan sistem e-Drives Ujian praktik SIM A dan C menggunakan sistem e-Drives

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf, menjelaskan, e-Drives menggunakan empat jenis sensor yang akan dipasang baik di kendaraan yang akan digunakan sebagai sarana praktik maupun tempat pengujian SIM.

"Hasil pengujian dapat dilihat oleh penguji di lapangan yang terintegrasi melalui tablet dan layar monitor untuk menunjukkan ke peserta ujian. Data hasil akhir ujian dapat diolah menjadi statistik untuk dijadikan laporan yang valid," kata Yusuf di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mengenal Jenis Lampu Rem Mobil, Serta Cara Menggantinya

Sensor di lapangan terhubung dengan komputer di dalam ruang monitoring. Di dalam ruang tersebut penguji dapat melakukan pemantauan dari layar CCTV dan juga memberikan peringatan, aba-aba, atau perintah dengan pengeras suara.

Jenis sensor yang digunakan pada e-Drives dan fungsinya:

RFID (Radio Frequency Identification)

RFID akan diletakan para kendaraan roda dua yang merupakan sistem identifikasi nirkabel. Alat ini memungkinkan untuk mengambil data tanpa harus bersentuhan.

Ketika peserta melewati RFID radar, maka secara otomatis data peserta akan tampil pada aplikasi ujian praktik SIM di ruang monitoring.

Passive Infrared

Passive Infrared merupakan cahaya infra merah yang akan dipasang pada garis awal (start) dan garis akhir (finish). Fungsi dari sensor ini untuk mengetahui saat peserta memulai dan selesai pada masing-masing tahapan.

Vibration Sensor

Vibration Sensor, berguna sesuai dengan namanya, yakni untuk mengetahui gataran pada suatu benda. Sensor ini akan ditempatkan dalam patok (kun) yang terpasang di samping lintasan.

Bila kendaraan bermotor yang melakukan ujian menyenggol atau menabrak patok tersebut, maka sensor ini akan aktif dan mengirim sinyal ke aplikasi uji praktik SIM melalui komputer di ruang monitoring.

Dengan demikian penguji dapat mengetahui posisi dan jumlah patok yang tersengol atau tertabrak oleh pemohon SIM.

Ultrasonic

Ultrasonic Sensor menggunakan pancaran gelombang suara dengan frekuensi tinggi 20 kilo Hertz. Sensor ini akan diletakan pada tahapan tanjakan dan turunan pada pengujian SIM A atau mobil.

Ketika mobil berhenti pada posisi menanjak atau turunan, sensor ini akan mengetahui posisi terakhir mobil. Jika terjadi reaksi mundur atau maju sebelum melanjutkan tanjakan atau turunan, maka sensor akan mengirimkan sinyal ke ruang monitoring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com