Kenali Jenis dan Fungsi Sensor pada e-Drives Ujian Praktik SIM

Kompas.com - 05/12/2019, 17:22 WIB
Salah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik. KOMPAS.com / HamzahSalah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Metro Jaya resmi memperkenalkan sistem electronic driving system ( e-Drives). Dengan e-Drives, tes praktik ujian Surat Izin Mengemudi ( SIM) di Jakarta lebih moderen karena sudah terkomputerisasi.

Dengan e-Drives maka tes praktik tak lagi dinilai secara manual melalui petugas yang ada di lapangan, tapi sudah menggunakan empat sensor yang terkoneksi langsung ke komputer. Sensor akan mengetahui jika terjadi kesalahan.

Baca juga: Tahun Depan Sepeda Motor Juga Kena Tilang Elektronik

Ujian praktik SIM A dan C menggunakan sistem e-Drives Ujian praktik SIM A dan C menggunakan sistem e-Drives

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf, menjelaskan, e-Drives menggunakan empat jenis sensor yang akan dipasang baik di kendaraan yang akan digunakan sebagai sarana praktik maupun tempat pengujian SIM.

"Hasil pengujian dapat dilihat oleh penguji di lapangan yang terintegrasi melalui tablet dan layar monitor untuk menunjukkan ke peserta ujian. Data hasil akhir ujian dapat diolah menjadi statistik untuk dijadikan laporan yang valid," kata Yusuf di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mengenal Jenis Lampu Rem Mobil, Serta Cara Menggantinya

Sensor di lapangan terhubung dengan komputer di dalam ruang monitoring. Di dalam ruang tersebut penguji dapat melakukan pemantauan dari layar CCTV dan juga memberikan peringatan, aba-aba, atau perintah dengan pengeras suara.

Jenis sensor yang digunakan pada e-Drives dan fungsinya:

RFID (Radio Frequency Identification)

RFID akan diletakan para kendaraan roda dua yang merupakan sistem identifikasi nirkabel. Alat ini memungkinkan untuk mengambil data tanpa harus bersentuhan.

Ketika peserta melewati RFID radar, maka secara otomatis data peserta akan tampil pada aplikasi ujian praktik SIM di ruang monitoring.

Passive Infrared

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X