Tilang Elektronik Bakal Diterapkan di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 05/12/2019, 10:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II atau elevated dipastikan akan dibuka secara fungsional pada 15 Desember 2019.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menyatakan, beberapa ketentuan akan diterapkan di ruas tersebut guna menjamin keamanan dan keselamatan lalu lintas.

"Salah satunya kita batasi kecepatan kendaraan, yakni 80 kilometer per jam," ujarnya kepada Kompas.com, di Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Baca juga: Jalan Tol Layang Cikampek Diprediksi Kurangi Kemacetan 30 Persen

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II ElevatedDokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated

Demi mengontrol patuhnya pengendara atas batasan tersebut, Danang menyebut bahwa Tol Layang akan diterapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE).

Meski demikian, pada tahap awal pengelola akan menyosialisasikan ketentuan berkendara di Tol Layang lewat berbagai media dan rambu lalu lintas.

"Hari ini ada launching penerapan ETLE di jalan tol, kerja sama Polda Metro Jaya dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, untuk wilayah Polda Metro. Japek elevated juga akan masuk dalam wilayah tersebut, jadi secara bertahap harapan kami ruas itu masuk ke ETLE juga," kata dia.

Baca juga: Dibuka 15 Desember, Tol Layang Jakarta-Cikampek Berstatus Fungsional

Kendaraan pemudik terjebak macet di Tol Cikampek, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). Pada H+2 lebaran, Tol Cikampek mulai dipadati kendaraan pemudik yang akan kembali ke Jakarta.ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGA Kendaraan pemudik terjebak macet di Tol Cikampek, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). Pada H+2 lebaran, Tol Cikampek mulai dipadati kendaraan pemudik yang akan kembali ke Jakarta.

Sebagai informasi, ketika tol sudah bisa dilintasi, pengguna jalan dari arah Jakarta dapat mengakses dari Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Jalan Tol JORR, dan Jalan Tol Jagorawi. Setelah itu kembali melanjutkan menggunakan Jalan Tol Layang untuk menuju ke arah Bandung atau Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sebaliknya, pengguna jalan dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bandung dapat menggunakan Jalan Tol Trans-Jawa dan Jalan Tol Cipularang, kemudian dilanjutkan menggunakan Jalan Tol Layang guna menuju Jakarta.

"Ini statusnya nanti masih fungsional karena menunggu peresmian oleh Presiden," ujar Danang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.