Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Pengecasan Kendaraan Listrik Bakal Naik Mulai 2020

Kompas.com - 05/12/2019, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berharap Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dapat mengeluarkan ketentuan tarif dasar listrik (TDL) khusus untuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Tarif ini diharapkan sudah ditentukan sebelum memasuki 2020.

Vice President of Technology Development and Standarization PLN Zainal Arifin, mengatakan, tarif khusus berlaku untuk pengisian di SPKLU. Selain itu, akan ada kenaikan harga dibandingkan TDL untuk rumah tangga atau industri.

Baca juga: PLN Ajak Banyak Pihak Ikut Dirikan SPKLU

"Tentunya tarif khusus hanya untuk yang fast charging di rest area, akan lebih mahal sedikit. Kemudian saat mengecas di mal, tentu akan lebih mahal sedikit dibanding mengecas di rumah atau tarif industri," ujar Zainal, di sela-sela diskusi bertajuk "Economic Outlook: Kesiapan Industri Otomotif Menuju Era 4.0", yang digelar oleh IDX Channel, di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Mobil Listrik Mitsubishi di Uji di SumbaKOMPAS.com / Azwar Ferdian Mobil Listrik Mitsubishi di Uji di Sumba

Zainal menambahkan, kenaikan tersebut wajar-wajar saja. Sebab, ada biaya yang keluar untuk membangun investasi charging di situ.

Sekarang ini, pengecasan untuk mobil listrik masih gratis di charging station milik PLN. Namun, untuk SPLU yang lebih ditujukan untuk motor listrik dan sepeda listrik, dikenakan tarif Rp 1.640 per kWh.

"Jadi, ibaratnya ada charging fee. Tambahannya tidak sampai Rp 1.000 (dari Rp 1.640)," kata Zainal.

Baca juga: Sasar Mall, PLN Tambah 22 SPKLU Baru Sampai Akhir Tahun

Zainal mengatakan, PLN tinggal mengikuti Permen (Peraturan Menteri) saja. Dia juga menyebutkan bahwa peraturan tersebut sedang disiapkan.

"Tahun depan kemungkinan mulai naik. Jadi, pengecasan di tempat umum akan kena tarif yang sedikit lebih mahal," ujar Zainal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com