Tarif Pengecasan Kendaraan Listrik Bakal Naik Mulai 2020

Kompas.com - 05/12/2019, 10:02 WIB
SPKLU Di AEON BSD KOMPAS.com/Rina Ayu LarasatiSPKLU Di AEON BSD

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berharap Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dapat mengeluarkan ketentuan tarif dasar listrik ( TDL) khusus untuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum ( SPKLU).

Tarif ini diharapkan sudah ditentukan sebelum memasuki 2020.

Vice President of Technology Development and Standarization PLN Zainal Arifin, mengatakan, tarif khusus berlaku untuk pengisian di SPKLU. Selain itu, akan ada kenaikan harga dibandingkan TDL untuk rumah tangga atau industri.

Baca juga: PLN Ajak Banyak Pihak Ikut Dirikan SPKLU

"Tentunya tarif khusus hanya untuk yang fast charging di rest area, akan lebih mahal sedikit. Kemudian saat mengecas di mal, tentu akan lebih mahal sedikit dibanding mengecas di rumah atau tarif industri," ujar Zainal, di sela-sela diskusi bertajuk "Economic Outlook: Kesiapan Industri Otomotif Menuju Era 4.0", yang digelar oleh IDX Channel, di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Mobil Listrik Mitsubishi di Uji di SumbaKOMPAS.com / Azwar Ferdian Mobil Listrik Mitsubishi di Uji di Sumba

Zainal menambahkan, kenaikan tersebut wajar-wajar saja. Sebab, ada biaya yang keluar untuk membangun investasi charging di situ.

Sekarang ini, pengecasan untuk mobil listrik masih gratis di charging station milik PLN. Namun, untuk SPLU yang lebih ditujukan untuk motor listrik dan sepeda listrik, dikenakan tarif Rp 1.640 per kWh.

"Jadi, ibaratnya ada charging fee. Tambahannya tidak sampai Rp 1.000 (dari Rp 1.640)," kata Zainal.

Baca juga: Sasar Mall, PLN Tambah 22 SPKLU Baru Sampai Akhir Tahun

Zainal mengatakan, PLN tinggal mengikuti Permen (Peraturan Menteri) saja. Dia juga menyebutkan bahwa peraturan tersebut sedang disiapkan.

"Tahun depan kemungkinan mulai naik. Jadi, pengecasan di tempat umum akan kena tarif yang sedikit lebih mahal," ujar Zainal.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X