Fitur Yamaha Y-Connect Kalah Cepat dari Kymco Noodoe

Kompas.com - 04/12/2019, 12:06 WIB
Yamaha Nmax 2020 Yamaha Nmax 2020
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha resmi memperkenalkan generasi baru Yamaha NMAX. skutik bongsor bermesin 155cc ini hadir dengan beberapa teknologi canggih dan fitur-fitur milenial.

Salah satu yang menarik perhatian adalah fitur Communication Control Unit (CCU), yang dapat memungkinkan pemilik NMAX baru memantau kondisi motor hanya dari layar ponsel pintar.

Namun aplikasi ini hanya tersedia pada model NMAX varian teratas. CCU ini akan terkoneksi via Bluetooth melalui aplikasi Yamaha Motorcycle Connect atau Y-Connect.

Baca juga: Yamaha Gagal Ciptakan Trendsetter Via Xabre

 

Deputy Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Hendri Wijaya, mengklaim fitur ini merupakan yang pertama di kelasnya, karena belum dimiliki rivalnya, seperti Honda PCX atau ADV 150.

"Dengan aplikasi ini, pemilik NMAX bisa memantau kondisi motor tanpa harus repot melihat langsung. Misal cek kondisi oli, baterai, sampai memunculkan notifikasi bila ada pesan masuk atau telepon," ucap Hendri, beberapa waktu lalu.

Yamaha boleh mengklaim merupakan yang pertama di Indonesia. Tapi teknologi serupa ini bukan hal baru, karena sebelumnya sudah diperkenalkan Kymco di IIMS 2019 lalu lewat Kymco Noodoe.

"Pertama kali dikenalkan April lalu di IIMS 2019. Saat ini di Indonesia hanya di model Kymco Like 150i. Sedangkan untuk versi globalnya sudah ada hampir di semua lini produk Kymco, termasuk versi EV-nya," kata Chandra Permana, Public Relation Kymco Indonesia, kepada Kompas.com, Rabu (4/12/2019).

Kymco NoodoeFoto: Chandra Permana Kymco Noodoe

Cara kerja Noodoe serupa dengan milik Yamaha. Pemilik harus pairing Noodoe dengan ponsel melalui koneksi bluetooth. Namun sebelumnya pemilik harus unduh aplikasinya di google Play Store atau App Store.

Baca juga: Disuntik Mati karena Kurang Laku, Harga Yamaha Xabre Bekas Anjlok

Chandra menjelaskan, Noodoe memiliki beberapa fitur unggulan. Namun fitur standar yang jadi jagoannya ialah yakni dapat memunculkan notifikasi bila ada pesan atau telepon masuk.

"Langsung bisa baca notifikasi dari speedometer kok. Tak perlu buka HP lagi di jalan selain berbahaya, karena bisa dijambret orang HP-nya. Tapi dengan syarat, notifikasi bisa di buka hanya saat kendaraan berhenti. Kecuali, ada telepon masuk, notifikasi muncul otomatis di layar speedometer," katanya.

Adapun fitur lainnya cukup banyak, seperti dapat mengubah tampilan speedomoter sesuai selera. Hingga mengubah tampilan jarum jam dengan sendok, garpu atau piston sesuai selera pengendara.

- fitur informasi cuaca
- fitur kompas (POI Point of Interest)
- fitur speedomoter
- fitur galeri photo
- fitur Navigasi GPS
- fitur cari dealer terdekat
- fitur grup radar (untuk touring)
- fitur parkir
- fitur sosial media noodoe
- fitur journey diary (update terbaru dan di launching di EICMA Italia kemarin).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X