Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 04/12/2019, 10:48 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek II) atau Elevated akan dibuka pada 15 Desember 2019. Diharapkan, jalan tersebut bisa mengurai kepadatan kendaraan jelang libur Natal dan tahun baru 2020.

Bagi para pengendara yang akan melintasi ruas tersebut, diharapkan untuk menjaga emosi berkendara. Sebagaimana dikatakan Senior Driving Consultant dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, risiko kecelakaan di jalan yang belum pernah dilewati sebelumnya cukup tinggi.

"Prinsip dasar dari melewati jalan yang relatif baru atau tidak pernah dilewati sebelumnya adalah atur kecepatan kendaraan sesuai rambu dan jangan meledakkan emosi. Berkendara sesuai akal sehat," katanya kepada KOMPAS.com, di Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Baca juga: Tol Layang Jakarta-Cikampek Dibuka pada 15 Desember 2019

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II ElevatedDokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated

Saat jalanan kosong, lanjut dia, kontrol emosi menjadi lebih sulit. Apalagi jika kendaraan mendukung untuk dipacu hingga melebihi batas aturan kecepatan jalan.

"Semua itu harus dipertimbangkan, jangan karena kosong langsung tancap gas. Ingat, kita belum mengenal jalan itu. Artinya, semua titik masih 'buta'. Siapa tahu di beberapa titik ada level jalan yang berbeda dan bumpy," kata Sony.

"Apalagi ini Tol Layang, kita harus perkirakan juga seberapa kuat hembusan angin dan pengaruhnya terhadap kendaraan (handling)," paparnya.

Baca juga: Progres Tol Layang Jakarta-Cikampek Nyaris Kelar

Petugas mengatur lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol Cikampek Utama KM 70, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). PT Jasa Marga (Persereo) Tbk memberlakukan sistem satu arah (one way) sejak pukul 14:05 WIB untuk kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang dimulai dari gerbang tol Kalikangkung KM 414 hingga gerbang tol Cikampek Utama KM 70 yang rencananya akan diberlakukan hingga Minggu (9/6/2019).ANTARA FOTO/MUHAMAD IBNU CHAZAR Petugas mengatur lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol Cikampek Utama KM 70, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). PT Jasa Marga (Persereo) Tbk memberlakukan sistem satu arah (one way) sejak pukul 14:05 WIB untuk kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang dimulai dari gerbang tol Kalikangkung KM 414 hingga gerbang tol Cikampek Utama KM 70 yang rencananya akan diberlakukan hingga Minggu (9/6/2019).

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Irjen Pol Istiono memastikan bahwa tol layang yang membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat ini akan dibuka pekan depan. Rencananya, hanya kendaraan pribadi yang boleh melintas di jalur tersebut.

"Tanggal 15 Desember 2019 nanti akan diberlakukan elevated mulai Kilometer (Km) 10 sampai Km 48," katanya, beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com