Ekspor Motor Positif, Disebut Akan Capai Target

Kompas.com - 03/12/2019, 17:44 WIB
Ilustrasi produksi AHM. Donny AprilianandaIlustrasi produksi AHM.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan sepeda motor di pasar domestik pada semester dua tahun ini bisa jadi mulai mengalami perlambatan. Namun untuk performa ekspor, kondisinya berbeda.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia ( AISI) mencatat, selama periode Januari-Oktober 2019 ekspor motor buatan dalam negeri mengalami pertumbuhan sebesar 34 persen dibanding tahun sebelumnya.

Tercatat, total ekspor di periode itu ialah 682.325 unit, naik dari sebelumnya 507.410 unit. Capaian ini sekaligus menjadi angka ekspor kendaraan roda dua tertinggi paling tidak dalam lima tahun terakhir.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Penjualan Sepeda Motor Mulai Merosot

Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.Youtube-Yamaha Motor Official Channel Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.

"Performa ekspor kita sangat baik, hal ini dikarenakan harga motor produksi Indonesia kompetitif dan memenuhi standar Internasional. Diharapkan capaian ini terus terjaga dan bisa mencapai target," kata Ketua Bidang Komersil AISI Sigit Kumala kepada KOMPAS.com, Jakarta, belum lama ini.

" Target kita adalah total ekspor 10 persen dari total penjualan motor," katanya.

Bila menghitung data milik AISI, sebenarnya target tersebut sudah tercapai (ekspor melebihi 10 persen dari total penjualan motor). Meski demikian, Sigit masih belum ingin menutup berbagai kemungkinan sebelum tahun 2019 berakhir.

"Semoga saja performanya tetap seperti ini. Saya juga harapkan penjualan domestik mulai naik lagi jelang akhir tahun," ujar dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X