Berkelana 171 Km Bersama Honda ADV dengan Rute Yogya-Ambarawa

Kompas.com - 03/12/2019, 08:42 WIB
Turing Honda Dikers Day 2019 Foto: AHMTuring Honda Dikers Day 2019

AMBARAWA, KOMPAS.com -PT Astra Honda Motor ( AHM) selalu membuat acara ''gas bareng'' menuju Honda Bikers Day (HBD). Tak ketinggalan tahun ini pun juga sama, ada acara turing menuju HBD 2019.

Tak kurang 20 jurnalis termasuk Kompas.com mendapat kesempatan turing menggunakan Honda ADV 150. Skuter matik gambot yang meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Juli silam.

Rute yang ditempuh 171 km melintasi Yogyakarta-Magelang-Ketep-Ambarawa. Rute sengaja dipilih memutar membelah jalan-jalan gunung, jalan berpasir dan alas beton guna menguji ketangguhan ADV 150.

Baca juga: Pilihan Sokbreker Aftermarket Honda ADV 150

Turing Honda Dikers Day 2019Foto: AHM Turing Honda Dikers Day 2019

Rombongan  start dari safety riding centre Astra Motor Yogyakarta. Perjalanan dimulai dengan menembus kesibukan kota Yogyakarta, melewati Ring Road Barat menuju Gamping, Kabupaten Sleman.

Di perjalanan awal, motor dipaksa untuk berakselerasi spontan. Kelincahan Honda ADV150 juga diuji kala membelah keramaian. Berhubung rute ini cukup padat namun dihiasi kontur jalan-jalan lurus.

Kompas.com berusaha mendapat gaya berkendara yang sesuai dengan pola perkotaan. Jok nyaman jadi poin penting, ditunjang dengan posisi berkendara yang lebih ''sigap'' ketimbang PCX 150, membuat motor ini mudah diajak selap-selip.

Turing Honda Dikers Day 2019Foto: AHM Turing Honda Dikers Day 2019

Catatan kecil yang Kompas.com rasakan ialah jok yang terasa agak licin. Saat mengerem posisi bokong cenderung turun alias ''ndelosor'' meski tidak parah.

Tak lama, rombongan pun mulai masuk ke wilayah Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Di sini, para peserta turing disuguhkan area persawahan khas Pulau Jawa dengan jalanan yang terbilang baik.

Motor pun dipacu dengan kecepatan rata-rata 70-80 kpj. Jalanan pun semakin sempit menuju arah Mungkid, Magelang, dengan pemandangan bervariasi. Akselerasinya masih cukup enak karena jalan masih rata.

Baca juga: Bahas Detail Skuter Matik China yang Mirip Honda ADV 150

Turing Honda Dikers Day 2019Foto: AHM Turing Honda Dikers Day 2019

Jalanan kemudian mulai menanjak dan berliku ke arah Jl Magelang-Salatiga (Kopeng) dengan kontur yang tak begitu baik. Kondisi jalan seperti ini menguji kekuatan dan kenyamanan berkendara.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X