Sebelum Beli, Kenali 3 Penyakit Yamaha NMAX Bekas

Kompas.com - 03/12/2019, 07:12 WIB
Yamaha NMAX mendapat penyegaran dengan warna baru, yakni matte red. IstimewaYamaha NMAX mendapat penyegaran dengan warna baru, yakni matte red.

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha NMAX merupakan skuter matik andalan Yamaha di Indonesia. Sejak pertama meluncur pada 2015 sampai sekarang, tetap banyak dicari oleh masyarakat, termasuk versi bekas.

Meski mode terbaru, yaitu 2020 sudah resmi diluncurkan dan akan di jual awal tahun depan, tetapi minat masyarakat membeli versi seken masih cukup tinggi.

Salah satu bukti, dikatakan Hendrawan, pedagang motor bekas di DKI Jakarta yang dihubungi KOMPAS.com, Senin (2/12/2019), konsumen yang membeli NMAX bekas masih cukup banyak, terutama produksi 2016 dan 2017.

Baca juga: Model Baru Meluncur, Simak Harga Bekas Yamaha NMAX

Kendati demikian, merujuk pada jargon 'tak ada gading yang tak retak' NMAX juga punya kekurangan, terutama di generasi awal. Berikut 3 penyakit NMAX bekas, yang perlu Anda ketahui:

1. Bunyi Berisik

Yamaha Indonesia Motor ManufacturingYamaha Indonesia Motor Manufacturing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing

Bachtiar Kemal Harahap, pemilik bengkel matik LD Garage Motor, di Depok, Jawa Barat, mengatakan, suara berisik memang penyakit pada NMAX. Suara berisik ini bahkan bisa terjadi di motor kilometer rendah.

"NMAX itu banyak kendala suaranya berisik. Noise itu bisa dibilang memang penyakit NMAX, kilometer rendah pun bisa kena, biasanya itu ada tiga, yaitu dari bearing noken as, kedua as pelatuknya, dan yang lebih ekstrem lagi itu pelatuknya yang kena," katanya kepada Kompas.com, Selasa (26/11/2019).

Baca juga: Yamaha NMAX Terbaru, Hasil Perpaduan TMAX dan XMAX

Kemal mengatakan jika pelatuk atau rocker arm yang bermasalah maka akan timbul bunyi berisik di bagian depan mesin.

Biayanya perbaikannya pun cukup mahal, dan kejadian pelatuk NMAX bermasalah tidak sedikit.

"Paling ekstrem itu kalau kena pelatuknya, sebab kan NMAX pakai Variable Valve Actuation (VVA), pelatuknya satu paket dan harganya Rp 480.000. Kalau sudah rusak di situ lumayan mahal," kata Kemal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X