IIMS Motobike Expo 2019 Harus Bisa Jadi Pemicu Kendaraan Listrik

Kompas.com - 29/11/2019, 18:29 WIB
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita resmikan IIMS Motobike Expo 2019 Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita resmikan IIMS Motobike Expo 2019
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, berharap adanya pameran IIMS Motobike Expo 2019, bisa menjadi pemicu bagi peningkatan pengguna kendaraan listrik di Tanah Air.

Hal ini diklaim sesuai dengan misi pemerintah untuk menggalangkan kendaraan listrik di Indonesia serta selaras dengan Perpres no.55 tahun 2019 mengenai Percepatan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai.

"Harapan saya adanya pameran ini bisa memicu penggunaan kendaraan listrik baik roda empat atau dalam hal pameran ini ke roda dua. Kita sudah tahu kendaraan listrik punya banyak manfaat, paling tidak ramah lingkungan," ujar Agus kepada wartawan di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Baca juga: Saat Menperin Tanya Harga PCX Listrik di IIMS Motobike Expo 2019

Booth AHM di IIMS Motobike Expo 2019 Booth AHM di IIMS Motobike Expo 2019

Lebih lanjut, Agus juga menjelaskan bila poin utama dari pertumbuhan pengguna kendaraan listrik di Indonesia, nantinya akan meringankan beban pemerintah dalam hal impor migas.

Pemerintah juga sudah manargetkan pada 2030 nanti Indonesia bisa menjadi pusat dari kegiatan atau pun produksi kendaraan-kendaraan listrik di negara ASEAN.

Baca juga: Pemerintah Sentil Produsen Motor yang Masih Impor

Karena itu, sejak saat ini pemerintah sudah mulai mendorong melalui beberapa kemudahan yang diberikan.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjugi booth Honda di IIMS Motobike Expo 2019 Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjugi booth Honda di IIMS Motobike Expo 2019

"Kita tahu bila komponen impor migas itu sangat membebani neraca perdagangan kita. Bila banyak masyarakat beralih ke kendataan listrik, itu akan sangat membantu. Pemerintah juga sudah mulai agresif berbicara dengan produsen agar mereka membuka kegiatan produksi di Indonesia," ucap Agus.

Seperti diketahui, dalam ajang perdana IIMS Motobike Expo cukup banyak produk-produk roda dua bertenaga listrik yang dipamerkan, beberapa di antaranya seperti Selis, Honda PCX, bahkan beberapa produk baru buatan lokal.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X