Jualan Mobil di Kaltim Terpacu Pasca-pengumuman Ibu Kota Baru

Kompas.com - 29/11/2019, 10:02 WIB
Auto2000 Balikpapan Sudirman sebagai salah satu diler penjualan Toyota di Kalimantan Timur Kompas.comAuto2000 Balikpapan Sudirman sebagai salah satu diler penjualan Toyota di Kalimantan Timur

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Pengumuman ibu kota baru di wilayah Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara, membawa pengaruh positif untuk ekonomi lokal. Salah satunya pasar kendaraan di wilayah Balikpapan.

Kepala Cabang Diler Auto2000 Balikpapan Sudirman, M Jainuri, mengungkapkan bahwa peningkatan penjualan mobil Toyota terjadi sekitar tiga bulan belakangan.

"Sejak pengumuman, banyak orang mencari tanah di sini, mereka juga mencari kendaraan. Selain itu, ada juga proyek yang tengah dipersiapkan Pertamina yang membutuhkan kendaraan," ucap Jainuri, Rabu (27/11/2019).

Jainuri menggambarkan penjualan kendaraan di Auto2000 Balikpapan Sudirman mencapai 110 unit per bulan. Saat ini penjualan sudah menyentuh 1.100 unit.

Baca juga: Auto2000 Berharap Aturan PPnBM Terbaru Dongkrak Penjualan Mobil Hybrid

"Porsinya Avanza tetap terbanyak sekitar 25 persen, disusul Innova, Calya, dan Rush. Banyak juga di sini mengambil unit LCV Hi-Lux dan Fortuner," ucap Jainuri.

Sebagai gambaran, ekonomi wilayah Kalimantan Timur didominasi oleh usaha pertambangan, perkebunan, serta sektor infrastruktur.

Beberapa tahun ke belakang, ekonomi sempat mengalami perlambatan karena kondisi pertambangan batubara yang menurun, tetapi saat ini kembali bangkit yang ditandai dengan mulai banyaknya pembelian unit kendaraan komersial di wilayah Kalimantan Timur.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X