Ingat Main Skuter Listrik di Jalan Raya Didenda Rp 250.000

Kompas.com - 27/11/2019, 06:40 WIB
Ilustrasi skuter listrik. ShutterstockIlustrasi skuter listrik.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Hati-hati bagi siapa saja yang mengoperasikan skuter listrik atau otopet di jalan raya, pasalnya Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah memberlakukan penindakan hukum, yakni berupa tilang terhitung sejak Senin (25/11/2019).

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar, mengatakan jika pengguna skuter listrik mengoperasikan di jalan raya, dapat dikenakan denda yang tercantum dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) No.22 Tahun 2009 pasal 282 jo 104 ayat 3.

“Pengguna skuter listrik di jalan raya dapat didenda Rp 250.000, atau kurungan pidana maksimal satu bulan,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com  Senin (26/11/2019).

Baca juga: Otoped dan Skuter Listrik Disebut Bukan Kendaraan Bermotor

 Sejumlah skuter listrik Grab Wheels diparkirkan di salah satu lokasi parkir GrabWheels di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019).KOMPAS.com/HILEL HODAWYA Sejumlah skuter listrik Grab Wheels diparkirkan di salah satu lokasi parkir GrabWheels di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019).

Sebelumnya Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah menentukan beberapa aturan terkait penggunaan skuter listrik.

Kendaraan jenis ini hanya diizinkan dipakai di lokasi-lokasi khusus di mana sudah ada kerja sama antara pengelola kawasan dan operator skuter listrik.

Baca juga: Otopet dan Skuter Listrik Juga Dilarang Lewat Jalur Sepeda

“Jadi skuter listrik ini sebetulnya tidak bisa dipakai di jalan raya, melainkan hanya di kawasan tertentu yang sudah ada izin dari pengelolanya. Misalnya seperti stadion di GBK itu, kawasan bandara, dan tempat-tempat wisata,” kata Fahri.

Sementara itu, pengguna skuter listrik juga harus mematuhi tata tertib penggunaannya. Seperti wajib berusia minimal 17 tahun, menggunakan helm, alat pelindung kaki dan siku, serta menggunakan rompi dengan reflektor agar terlihat lebih jelas saat malam hari.

Dilarang di Jalur Khusus Sepeda

Penampakan unit skuter listrik Grab Wheels (28/7/2019)KOMPAS.COM/ANASTASIA AULIA Penampakan unit skuter listrik Grab Wheels (28/7/2019)

Polisi juga sudah mulai melarang penggunaan otopet dan skuter listrik di jalan raya. Menariknya, larangan tersebut ternyata juga berlaku bagi pemilik pribadi, bukan hanya sewaan.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Menurut dia, teguran atau penilangan dilakukan untuk otopet dan skuter listrik atau atau milik pribadi.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X