Onderdil Datsun Go dan Go+ Bisa Pakai Punya Nissan March

Kompas.com - 26/11/2019, 12:32 WIB
Nissan March Stanly/OtomaniaNissan March
|

JAKARTA, KOMPAS.comDatsun Indonesia meluncurkan model Go dan Go+ pada 2014. Mengusung mesin 1.200 cc 3-silinder, model ini jadi produk pertama Datsun yang bersaing di segmen LCGC (Low Cost Green Car).

Namun jika melihat sejarahnya, mesin tersebut nyatanya dipakai lebih dulu oleh Nissan March yang meluncur di Indonesia sejak 2010. Kala itu, March bermain di segmen small hatchback bersama Honda Brio, Mitsubishi Mirage, ataupun Daihatsu Sirion.

Menurut Hendry Samosir, Service Manager PT Mimosa Putra Abadi (MPA), diler Nissan Datsun di Bekasi Barat, kedua model menggunakan dapur pacu yang sama. Hal ini membuat Datsun Go dan Go+ dengan Nissan March bisa saling bertukar spare part.

Baca juga: Tahun Depan Datsun Mau Hengkang, Ini Komentar Komunitas

Datsun GO+ CVT Datsun GO+ CVT

“Datsun Go dan Go+ dengan Nissan March menggunakan mesin yang sama, tenaga mesinnya juga sama,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com Selasa (26/11/2019).

“Tapi yang sama itu yang mesin 1.200 cc 3-silinder, itu kodenya HR12DE. Soalnya March juga punya mesin 1.500 cc 4-silinder,” kata Hendry.

Meski mengusung mesin yang sama, tak semua spare part March bisa dipakai oleh Go dan Go+. Menurut Hendry ada sedikit perbedaan di antara kedua.

“Spesifikasi yang beda ada di bodi dan kaki-kaki, itu komponennya memang beda. Misal sokbreker ada perbedaan, kemudian bodi-bodi kan tidak bisa sama. Tapi kalau filter udara, filter oli, piston, crank shaft itu sama,” ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X