Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurus Mitsubishi Atasi Ban Bocor di Perjalanan

Kompas.com - 24/11/2019, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memiliki solusi cepat di saat darurat untuk konsumen yang mengalami bocor ban di saat perjalanan. PT MMKSI memperkenalkan produk terbarunya, yaitu Instant Tire Repair Kit.

Dengan menggunakan alat ini, ban yang tekanan anginnya nol atau flat tire, bisa cukup mengembang. Sehingga, mobil cukup aman digunakan berkendara untuk mencari tempat pengisian angin untuk ban.

Baca juga: Tak Hanya Jual Mobil, Mitsubishi Juga Jualan Ban, Aki dan Lampu

Jaka Saputra, Head of Product Development Section PT MMKSI, mengatakan, penggunaan Instant Tire Repair Kit ini cukup mudah dan cukup cepat. Prosesnya hanya memakan waktu sekitar 1 menit hingga 1,5 menit.

Mitsubishi luncurkan Instant Tire Repair KitKompas.com/Donny Mitsubishi luncurkan Instant Tire Repair Kit

"Caranya, kocok terlebih dahulu botolnya sekitar 15 detik agar seluruh cairan kimia di dalamnya menjadi satu. Kemudian buka tutup pentil ban dan sambungkan dengan Instant Tire Repair Kit," ujar Jaka, saat peluncuran produk aftersales tersebut, di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Jaka menambahkan, setelah tersambung, tinggal tekan untuk menginjeksi cairan kimia yang ada di dalam botol.

Budiarto, Technical Service PT MMKSI, menegaskan, Instant Tire Repair Kit ini sifatnya emergency, karena di dalamnya terkandung material yang sifatnya nanti seperti lem.

"Kalau ban sudah dimasukkan material itu, tentunya nanti ada kemungkinan ban menjadi tidak balance seperti semula. Sebaiknya, suatu saat nanti masuk ke bengkel, material yang ada di ban itu harus dibersihkan. Lalu, titik yang bocor tadi ditambal secara permanen," kata Budiarto.

Baca juga: Mitsubishi Kirim Mekanik Jepang untuk Bantu Servis

Budiarto menambahkan, maksimal jarak tempuh ban yang sudah dimasukkan cairan tersebut sekitar 80 km. Sedangkan untuk kecepatan maksimumnya, Budiarto mengatakan, mirip dengan ban cadangan jenis space saver, yakni 80 kpj.

Ban yang menggunakan Instant Tire Repair Kit tidak akan mengembang secara sempurna, karena sifatnya hanya darurat, bukan menggantikan angin untuk membuat tekanan. Maka itu, sebaiknya juga jangan menggunakan dua botol Instant Repair Tire Kit. Sebaiknya, gunakan satu botol, baru nanti ditambahkan dengan angin hingga mencapai tekanan yang ideal.

Untuk penyimpanannya, Budiarto menganjurkan untuk meletakkan Instant Tire Repair Kit di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung.

Instant Tire Repair Kit akan dijual dalam waktu dekat ini di diler-diler Mitsubishi. Sementara untuk harganya, PT MMKSI belum mau mengumumkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com