Ingat Pakai Jas Hujan Ponco Saat Berkendara Motor Berbahaya!

Kompas.com - 22/11/2019, 09:42 WIB
Jas Hujan Foto: MotorplusonlineJas Hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Jas hujan model ponco bisa jadi paling praktis dan mudah digunakan dibanding model lainnya. Namun, jas hujan seperti ini begitu bahaya jika digunakan saat berkendara sepeda motor.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, tipe jas hujan terbaik untuk digunakan para pengendara motor ialah model setelan (two pieces). Sebab, lebih baik melindungi air dan tidak mengganggu gerak ketika berkendara.

"Jas hujan ponco memang sangat mudah digunakan tapi risikonya kemungkinan bisa nyangkut di gir dan rantai motor. Khususnya jika menggunakan motor bebek atau sport," katanya saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Cara Rawat Jas Hujan, Jangan Langsung Disimpan di Bawah Jok

Jas hujan yang nyaman Motorcycle-jackets-rain Jas hujan yang nyaman

Hal sama juga dinyatakan Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana. Menurutnya, ketika motor sedang berada di kecepatan 30-60 kilometer per jam, penggunaan jas ponco akan merepotkan pengendara.

"Jas hujan akan mengembang, mengganggu penglihatan dan ruang gerak pengemudi. Jas juga berpotensi tersangkut dan membuat pengendaranya jatuh karena tidak bisa kendalikan motor," kata dia.

"Sudah banyak kasus seperti ini terjadi, jadi tidak disarankan menggunakan jas hujan model ponco," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X