Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Pakai Jas Hujan Ponco Saat Berkendara Motor Berbahaya!

Kompas.com - 22/11/2019, 09:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jas hujan model ponco bisa jadi paling praktis dan mudah digunakan dibanding model lainnya. Namun, jas hujan seperti ini begitu bahaya jika digunakan saat berkendara sepeda motor.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, tipe jas hujan terbaik untuk digunakan para pengendara motor ialah model setelan (two pieces). Sebab, lebih baik melindungi air dan tidak mengganggu gerak ketika berkendara.

"Jas hujan ponco memang sangat mudah digunakan tapi risikonya kemungkinan bisa nyangkut di gir dan rantai motor. Khususnya jika menggunakan motor bebek atau sport," katanya saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Cara Rawat Jas Hujan, Jangan Langsung Disimpan di Bawah Jok

Jas hujan yang nyaman Motorcycle-jackets-rain Jas hujan yang nyaman

Hal sama juga dinyatakan Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana. Menurutnya, ketika motor sedang berada di kecepatan 30-60 kilometer per jam, penggunaan jas ponco akan merepotkan pengendara.

"Jas hujan akan mengembang, mengganggu penglihatan dan ruang gerak pengemudi. Jas juga berpotensi tersangkut dan membuat pengendaranya jatuh karena tidak bisa kendalikan motor," kata dia.

"Sudah banyak kasus seperti ini terjadi, jadi tidak disarankan menggunakan jas hujan model ponco," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com