Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Pakai ABS Belum Tentu Turunkan Jumlah Kecelakaan

Kompas.com - 21/11/2019, 14:42 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Global New Car Assesment Programme ( Global NCAP) mengimbau pemerintah Indonesia melengkapi sepeda motor dengan fitur Anti-Lock Braking System ( ABS) sebagai kelengkapan wajib.

Global NCAP menilai ABS pada motor berpotensi menyelamatkan ribuan orang setiap tahun. ABS penting sebab Indonesia merupakan salah satu negara dengan penjualan motor baru terbanyak setiap tahun.

Baca juga: Global NCAP Imbau Sepeda Motor di Indonesia Wajib ABS

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, ABS memang berpengaruh saat pengereman darurat, tapi bukan berarti fitur itu dapat mengurangi kecelakaan.

Ilustrasi kecelakaan motorgas2.org Ilustrasi kecelakaan motor

"ABS dapat mengurangi roda slip dan memberikan traksi maskimal saat mengerem darurat. Fitur dan mekanisme ini penting sekali buat seluruh motor yang beredar di jalan raya. Tapi jika bicara jumlah kecelakaan maka itu berbeda, karena mau secanggih apapun fitur dan teknologi, kecelakaan terkaitnya dengan perilaku," kata Jusri kepada Kompas.com, Kamis (21/11/2019).

Baca juga: Cara Kerja Sensor IMU dan Rem ABS di Honda Monkey

Jusri menjelaskan, perilaku berkendara aman merupakan kunci di jalan raya. Belum ada fitur atau teknologi yang dapat menggantikan hal itu. Sehingga perubahan fundamental perilaku yang harus diperbaiki.

"Jadi berbeda. Fitur pada perlengkapan berkendara tidak berbanding lurus dengan menurunnya angka kecelakaan. Jika bicara ABS, itu memang mengurangi tugas-tugas pengendara yang melakukan pengereman," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com