Keunggulan Sepeda Motor Pakai ABS

Kompas.com - 21/11/2019, 14:12 WIB
ABS (Anti-lock Braking System) pada Vespa Sprint. KOMPAS.com/FEBRI ARDANIABS (Anti-lock Braking System) pada Vespa Sprint.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Global New Car Assesment Programme ( Global NCAP) mengimbau pemerintah Indonesia melengkapi sepeda motor dengan fitur Anti-Lock Braking System ( ABS) sebagai kelengkapan wajib.

Saat ini sudah banyak motor yang dilengkapi ABS. Padahal dahulu biasanya hanya ditemukan di motor sport 250 cc ke atas. Tapi sekarang motor 150 cc seperti Yamaha NMAX dan Honda PCX 150 sudah pakai ABS.

Baca juga: Global NCAP Imbau Sepeda Motor di Indonesia Wajib ABS

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, fitur ABS pada motor memang memiliki peran yang cukup penting terutama jika ada kondisi darurat.

"Pengaruh ABS dan non ABS besar sekali, dan perlu diketahui pada motor non ABS jarak pengeremannya berbeda, sebab jarak pengereman ABS lebih pendek dalam situasi darurat," kata Jusri kepada Kompas.com, Kamis (21/11/2019).

Jusri mengatakan, dengan fitur ABS pengendara motor sebetulnya diuntungkan karena jika terjadi pengereman mendadak motor lebih mudah dikendalikan. Ini sangat membantu saat ada situasi darurat.

"Intinya dengan ABS akan meringankan tugas-tugas pengendara. Dia bisa melakukan perlambatan hingga pemberhentian lebih maksimal. Selain itu dia juga punya opsi untuk menghindar sambil mengerem, sedangkan di non ABS akan sulit sekali," katanya.

Baca juga: Ini Penyebab ABS Belum Jadi Fitur Wajib di Sepeda Motor

Jusri menerangkan, pada motor non ABS pengendara tanpa sadar melakukan tugas secara bersamaan atau multitasking saat pengereman. Bagi yang tidak terbiasa hal itu akan sulit, apalagi jika roda terkunci.

Fungsi ABS yaitu untuk meminimalisasi terjadinya selip pada ban. Ketika sensor ABS membaca putaran ban ada yang mengunci, sistem akan melakukan pengereman dengan bertahap secara cepat sehingga ban tidak terkunci.

Global NCAP menyebut ABS pada motor berpotensi menyelamatkan ribuan orang setiap tahun. ABS jadi penting sebab Indonesia merupakan salah satu negara dengan penjualan motor baru terbanyak setiap tahun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X