BrandzView
Konten ini merupakan kerjasama Kompas.com dengan Auto2000

Hari Minggu Mau Liburan Mobil Malah Mogok, Ini Solusinya…

Kompas.com - 21/11/2019, 11:27 WIB
Ilustrasi mobil mogok SHUTTERSTOCKIlustrasi mobil mogok
|

KOMPAS.com – Mengecek mobil secara berkala menjadi salah satu rutinitas yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan. Pasalnya, beberapa komponen di dalam mobil memiliki masa periodik yang harus disetel ulang atau diganti.

Namun, terkadang banyak orang mengabaikan hal tersebut. Alhasil, mobil yang digunakan sebagai transportasi sehari-hari kerap bemasalah. Mulai dari sulit dinyalakan, suspensi keras, mesin mengeluarkan bunyi aneh, sampai yang paling parah mogok.

Masalah-masalah tersebut bisa saja datang secara tiba-tiba. Bahkan, kadang terjadi pada saat momen penting, misalnya saat ingin bepergian pada hari Minggu.

Keuntungan servis berkala

Nah, untuk menghindari hal itu terjadi pada mobil Anda, sebaiknya lakukan perawatan secara berkala. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari servis secara terartur.

Pertama, Anda akan selalu merasa nyaman dan aman ketika berkendara. Ingat, bahwa komponen pada kendaraan bermotor tidak selamanya berada pada kondisi terbaik.

Ambil contoh kampas rem. Komponen ini adalah salah satu yang paling penting ketika berkendara. Tanpa kampas rem dengan kondisi terbaik, mungkin sulit rasanya merasa aman dan nyaman.

Ilustrasi liburanSHUTTERSTOCK Ilustrasi liburan

Pasalnya, komponen ini akan habis seiring kerap digunakannya kendaraan dan bisa menyebabkan rem blong.

Beda halnya jika Anda melakukan servis berkala. Semua komponen, termasuk kampas rem, dicek secara menyeluruh dan teknisi akan memberikan rekomendasi terkait komponen yang harus diganti.

Kedua, performa kendaraan selalu terjaga pada kondisi maksimal. Dengan kondisi terbaiknya, Anda sebagai pengendara bisa leluasa membawa mobil pada medan apapun dan terhindar dari komponen yang aus serta berkarat, melansir Kompas.com, Jumat (22/12/2017).

Baik itu jalan menanjak terjal, menurun, atau bahkan jalanan tergenang air. Semua dapat dilewati tanpa takut performa mobil menurun.

Baca juga: Penting Diketahui, Ini 3 Akibat Jarang Servis Mobil...

Ketiga, menghindari pengeluaran lebih besar. Beberapa orang berpikir bahwa mereka harus merogoh kocek banyak untuk melakukan servis kendaraan. Namun, ternyata anggapan itu tidak sepenuhnya benar.

Pasalnya, Anda akan lebih banyak mengeluarkan kocek bila terdapat kerusakan pada kendaraan Anda. Sebagai contoh, mobil Anda mogok di jalan tol. Mau tidak mau, Anda harus menggunakan jasa derek mobil yang biayanya terbilang mahal.

Belum lagi, jika banyak komponen pada mobil harus diganti akibat sudah terlalu usang dan tua. Siap-siap saja tabungan terkuras habis hanya karena jarang melakukan servis kendaraan.

Berpatok pada waktu

Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu mengingat kapan waktu terbaik untuk mengecek kendaraan Anda di bengkel resmi. Untuk hal ini, jangan hanya berpatok pada jarak kilometer (km) saja, tapi juga perhatikan waktu atau time frame.

Bila mobil jarang digunakan, mungkin akan cocok bila Anda berpatokan pada waktu, yakni per enam bulan sekali.

Kendati demikian, terkadang beberapa pemilik juga kerap lupa meskipun sudah melingkari jadwal kapan harus servis mobil. Alhasil, mobil mogok ketika ingin berlibur pada hari Minggu –seperti contoh yang sudah disebutkan di atas terjadi.

Ilustrasi bengkel Auto2000Dok. Auto2000 Ilustrasi bengkel Auto2000

Seperti diketahui secara umum, bengkel resmi biasanya tidak membuka layanan servis pada hari libur, seperti Minggu. Namun, berbeda halnya dengan dealer Toyota terbesar di Indonesia, yakni Auto2000. Pasalnya, Auto2000 tetap buka pada hari Minggu.

Program bengkel buka hari Minggu ini bernama “Sunday Funday”. Dengan adanya program ini, Anda tidak akan kesulitan ketika mobil mengalami kendala di hari libur. Anda cukup datang ke bengkel Auto2000 dan dengan mudah melakukan servis.

Selain itu, Anda juga tidak perlu kesulitan mencari bengkel resmi untuk servis berkala jika hanya memiliki waktu luang di hari Minggu.

Khusus untuk pelanggan yang melakukan servis berkala pada program ini akan mendapatkan gratis 2 liter oli bagi yang melakukan servis dan gratis 1 liter oli bagi pelanggan yang hanya melakukan ganti oli saja.

Untuk mendapatkan benefit tersebut, pelanggan wajib melakukan booking servis pada laman resmi Auto2000.

Dengan demikian, agenda jalan-jalan pada hari Minggu pun dapat tetap terlaksana sehabis melakukan servis kendaraan. Bye-bye mogok!

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya