Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelihara Motor Sport 2-Tak Jadul, Perhatikan Ini

Kompas.com - 21/11/2019, 09:56 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki motor sport 2-tak jadul menjadi kebanggaan tersendiri untuk para pecinta otomotif. Perawatannya juga tidak bisa disamakan dengan motor sport pada umumnya.

Motor sport 2-tak jadul cukup banyak yang beredar di Indonesia ini, seperti Honda NSR 150, Suzuki RGR 150, Yamaha RX-Z, RZR, dan TZM 150, dan lainnya.

Baca juga: Tips Membeli Motor Sport 2-Tak Suzuki RGR 150

Joey Tumanduk, pengguna Honda NSR 150 R, mengatakan, motor sport 2-tak jadul cukup sulit mencari spare parts atau suku cadangnya. Menurutnya, suku cadangnya agak mahal, karena sudah jarang di pasaran.

Suzuki RGR 150Dok. Denison Wicaksono Suzuki RGR 150

"Kalau part-nya sulit ditemukan, jadinya harus mengakali dengan substitusi pakai part dari motor lain," ujar Joey, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Joey menambahkan, sebaiknya pahami betul mengenai motor sport 2-tak jadul yang ingin dibeli atau sudah dimiliki. Sebab, jika kurang paham akan motor tersebut, bisa saja menjadi korban penipuan dari bengkel yang nakal.

"Harus mengerti karakter motor sendiri dulu bagaimana, karena 2-tak butuh perawatan yang lebih manja dibanding 4-tak," kata Joey, yang sudah bermain motor 2-tak lebih dari lima tahun.

Baca juga: Top of Mind, Honda NSR 150SP

Menurut Joey, perawatan motor 2-tak butuh perhatian ekstra, mulai dari setting karburator berpengaruh sekali, oli samping seberapa basah, blok mesin berkerak jadi lebih berat, radiator kalau tidak dipantau bisa overheat, dan banyak hal jadi serba manual.

Denison Wicaksono, pengguna Suzuki RGR 150, mengatakan, sebaiknya pilih motor dengan kondisi bodi yang masih baik dan lengkap. Sebab, kalau urusan mesin masih bisa diperbaiki.

"Bodi dan aksesori sulit sekali dicari. Kalau spare parts, masih bisa dicari atau diakali," ujar Denison.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com