Peugeot Beralasan Bisa Eksis di Indonesia

Kompas.com - 21/11/2019, 07:42 WIB
Peugeot 5008 Peugeot 5008

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk– Peugeot Sales Operation (PSO) selaku anak usaha Astra yang ditunjuk sebagai importir sekaligus penyalur mobil Peugeot di Indonesia yakin bisa langgeng di pasar otomotif Tanah Air.

Alasannya, disebut sejalan dengan berbagai strategi yang akan diterapkan pabrikan otomotif asal Perancis tersebut dalam waktu dekat, serta adanya sokongan kuat dari Grup Astra.

"Saya tidak bisa menampik bahwa dukungan dari Astra memang sangat besar pengaruhnya. Sehingga, kami yakin Peugeot tidak seperti brand otomotif luar lainnya (merek selain Jepang) yang cepat untuk hengkang dari Indonesia," ujar Fredy Jeo, Head of Sales PSO di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Peugeot Indonesia Optimis Tatap 2020, Ini Strateginya

Peugeot 3008Foto: Istimewa Peugeot 3008

Keyakinan tersebut juga tidak lepas dari performa Peugeot selama tahun berjalan setelah mereka menata ulang jalan bisnisnya mulai 2018 lalu. Saat pasar otomotif menunjukkan tren pelemahan dibanding tahun sebelumnya, penjualan Peugeot malah positif.

Berdasarkan catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales Peugeot periode Januari - September 2019 tumbuh 13 persen dari periode sama di 2018.

Baca juga: Ada Revisi PPnBM, Peugeot Tergoda Jualan Sedan

Peugeot semakin agresif penetrasi di pasar SUV nasional.Foto: Andi Susilo Prasetyo Peugeot semakin agresif penetrasi di pasar SUV nasional.

"Meski demikian, tantangan terbesar kami yaitu awareness masyarakat Indonesia masih besar. Dengan berbagai strategi yang akan dijalankan, kami yakin bisa tumbuh," ujar dia.

"Kemudian bila berbicara kepuasan pelanggan, kami adalah satu-satunya pabrikan premium dari Eropa yang berani memberikan warranty hingga 5 tahun. Ini tanda kalau Peugeot tidak berniat untuk hengkang dari Indonesia," ucap Fredy lagi.

Ilustrasi: Industri perakitan otomotif nasional.
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Ilustrasi: Industri perakitan otomotif nasional.

Rencana Rakit Lokal

Menjadi salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk di lini bisnis kendaraan roda empat, Peugeot memiliki berbagai keunggulan dan keuntungan. Salah satunya ialah bisa memanfaatkan pabrik perakitan milik Astra di Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara.

Tentu, jika kendaraan sudah bisa dirakit lokal, harga jualnya dapat tertekan. Sehingga, cangkupan pasarnya akan menjadi luas pula.

"Terkait hal ini, saya belum bisa jawab saat ini. Namun kita pastinya akan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh Astra," kata Fredy.

Sebagai informasi, Peugeot saat ini memiliki lima diler yang tersebar di Sunter, Serpong, Cilandak, Solo, dan Surabaya. Unit yang ditawarkan hanya ada dua model yaitu 3008 dan 5008. Mobil masing-masing dihargai mulai Rp 697 juta sampai Rp 820 juta.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X