Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isuzu Belum Datangkan Kendaraan Listrik Dalam Waktu Dekat

Kompas.com - 20/11/2019, 12:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) belum berencana untuk memasarkan kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia. Sebab, regulasi yang ada dan pasarnya belum hadir secara jelas (terkait dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis).

General Manager Marketing Division PT IAMI Attias Asril, menyatakan, dari segi produk sebenarnya Isuzu sudah siap dengan menyambut era elektrifikasi. Di Jepang sendiri, kendaraan komersial ramah lingkungan juga sedang dikembangkan.

Baca juga: Isuzu Indonesia Siap Tenggak Solar B30 Tahun Depan

"Sebagai contoh di pameran Tokyo Motor Show 2019, kita hadirkan Elf EV Walk, Isuzu Giga berbahan bakar gas alam, serta Truck Concept FL-IR. Namun di Indonesia, kami rasa masih butuh pengkajian yang lebih mendalam baik dari produsen maupun pemerintah," ujarnya belum lama ini.

Isuzu Elf NMR 81, truk ringan pertama di Indonesia yang menggunakan mesin commonrail.ISTIMEWA Isuzu Elf NMR 81, truk ringan pertama di Indonesia yang menggunakan mesin commonrail.

Hal serupa diungkapkan Direktur Marketing PT IAMI Rahmat Samulo yang menyatakan bahwa kebutuhan kendaraan listrik di Indonesia khususnya untuk segmen kendaraan berat, belum besar.

"Kita lihat dari kebutuhannya, Isuzu hibrida di Jepang sih ada. Tapi di Indonesia bagaimana? Sudah siap atau belum? Bila sudah siap dari segi infrastruktur dan konsumennya, kita tinggal masukkan saja, tidak sulit," katanya.

Baca juga: Isuzu Bertahan dengan Mesin Diesel di Indonesia

"Saat ini kendaraan listrik untuk passanger car saja belum siap kan? Padahal kendaraan jenis tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi menurut saya, kendaraan komersil berteknologi listrik masih jauh untuk diterapkan," ujar Rahmat lagi.

Meski demikian, pihak Isuzu Indonesia akan terus melakukan riset untuk melihat perkembangan dan permintaan kendaraan komersial atau niaga ramah lingkungan di Tanah Air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com