Mekanisme Ikut Lelang Subaru di Bea Cukai

Kompas.com - 20/11/2019, 11:18 WIB
Ilustrasi Subaru BRZ yang dilelang oleh Bea Cukai. autodetective.comIlustrasi Subaru BRZ yang dilelang oleh Bea Cukai.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai kembali melelang mobil sitaan Subaru. Kali ini jumlahnya hanya 10 unit dan prosesnya digelar di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam.

Bagi yang tertarik untuk merebutkan mobil buatan Jepang yang sempat dipasarkan secara resmi di Indonesia ini, syaratnya pun tidak sulit. Sama dengan proses lelang sebelum-sebelumnya.

"Syarat sama, yang pasti masyarakat atau calon konsumen harus punya akun dulu di website lelang, lalu ikuti proses-prosesnya. Jadi nanti akan ditarik uang keikutsertaan atau jaminan untuk KPKNL," ucap Kasubdit Humas Bea Cukai Deni Surjantoro, ketika dihubungi Kompas.com Selasa (19/11/2019).

Baca juga: Bea Cukai Lelang Subaru BRZ, Hanya Rp 200 Jutaan

Lebih lanju Deni menjelaskan, pembayaran atau uang jaminan bisa ditrasfer melalui virtual account yang didapat dari aplikasi lelang. Untuk jumlanya sendiri bervarisi, tergantung dari pilihan mobil Subaru yang ingin dipinang.

Lelang 10 unit Subaru Bea Cukai Lelang 10 unit Subaru Bea Cukai

Seperti dikethaui, dari total 10 mobil Subaru yang kini sedang dilelang untuk wilayah Batam, uang jaminan terendahnya adalah Rp 30 juta untuk Subaru Impreza 2.0i-S CVT yang memiliki nilai limit objek sebesar Rp 97 juta.

Sementara bagi masyarakat yang ingin meminang Subaru BRZ 2,0 RWD 6A, bisa menyiapkan uang jaminan Rp 73 juta. Sedangkan untuk Impreza 5D 2.5 STI AWD uang jaminannya mencapai Rp 87 juta dengan nilai objek sebesar Rp 289 juta.

Bila sudah dibayarkan, nantinya pemenang lelang wajib langsung melakukan pelunasan secara tunai, karena pembayaranya tidak bisa melalui metode cicilan. Panitia akan memberikan waktu tenggang selama lima hari kerja untuk proses pelunasan.

Baca juga: Bea Cukai Kembali Lelang Mobil Subaru, Mulai Rp 97 Jutaan

Lelang 10 unit Subaru Bea Cukai Lelang 10 unit Subaru Bea Cukai

Untuk lelang 10 unit Subaru di Batam kebetulan unitnya dalam status off the road, tanpa adanya BPKB atau STNK. Dengan kata lain, pemenang harus mengurusnya sendiri, atau bisa menggunakan mobil hanya untuk wilayah Batam saja.

"Pelunasannya biasaya lima hari, bila tidak uang jaminan akan hangus. Bila peserta kalah atau gagal merebutkan mobil yang diinginkan, uang jaminan akan dikembalikan langsung ke rekening masing-masing," kata Deni.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X