Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Modifikator Terbaik HMC 2019 Berhasil Kalahkan 2.350 Pesaing

Kompas.com - 19/11/2019, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap tahunnya, PT Astra Honda Motor (AHM) rutin menggelar kontes modifikasi bertajuk Honda Modif Contest (HMC). Ajang ini diikuti ribuan builder dan modifikator, tapi hanya tiga orang terbaik yang akan disebut sebagai juara.

Pada seri final HMC 2019 yang digelar di Hartono Mall, Yogyakarta, akhir pekan lalu (16-17/11/2019), tercatat ada 121 motor Honda yang bersaing ketat. Ratusan motor tersebut terbagi dalam 9 kelas.

Baca juga: AHM Mulai Bicara Soal Honda ADV 250 di Indonesia

Tahun ini, HMC 2019 berhasil menyaring peserta sebanyak 2.350 peserta yang bersaing di 14 kota pada seri regional.

Para pemenang di setiap kota memperebutkan tiga posisi terbaik sebagai juara Nasional. Tiap pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan berkesempatan menjadi modifikator dalam Honda Dream Ride Project dengan mentor modifikator ulung.

Final Honda Modif Contest (HMC) 2019Istimewa Final Honda Modif Contest (HMC) 2019

Pada seri final HMC 2019, Alexander Rudy Darmawan dari Jakarta dianugerahi sebagai modifikator terbaik di kelas Matic & Cub, Lutfi Alman Faluti dari Makassar untuk kategori Sport, dan Arif Nurdiansyah dari kota Malang sebagai pemenang dari kategori FFA (Free for All).

Deputy GM Marketing Planning and Analysis Division AHM Andy Wijaya, mengatakan, karya modifikator Tanah Air yang turut serta dalam HMC 2019 semakin beragam dan atraktif.

Hadirnya HMC di Medan dan Pontianak sebagai lokasi baru pada seri regional serta penerimaan pecinta modifikasi yang sangat baik di dua kota tersebut, menunjukkan antusiasme masyarakat terhadap karya modifikasi semakin berkembang positif.

Baca juga: Cara AHM Didik Siswa Binaannya Mandiri

HMC sudah terselenggara selama 12 tahun secara terus-menerus di bawah naungan AHM. Ajang ini, kata Andy, memfasilitasi kreativitas generasi muda melalui modifikasi sepeda motor.

"HMC tidak hanya menjadi wadah kreasi, namun menjadi rujukan modifikator,” ucap Andy.

Gelaran HMC tahun ini membuka 9 kelas yang dilombakan, yakni All stock/Bolt On & Advance untuk sepeda motor produksi di bawah tahun 2006, kemudian kategori Matic & Cub Stock/Bolt On, Matic & Cub Advance, Sport Naked, Sport Fairing, Sticker/decals, Racing Style, dan Community Touring untuk kategori sepeda motor dengan produksi di atas tahun 2006.

Selain itu juga dibuka kelas untuk semua kategori skutik, Cub dan sport Honda dari semua tahun produksi yakni kelas Free for All (FFA).

Final Honda Modif Contest (HMC) 2019Istimewa Final Honda Modif Contest (HMC) 2019

Honda Modif Contest - Virtual Challenge
Pada gelaran final HMC 2019 ini juga mengumumkan pemenang HMC Virtual Challenge. Sebanyak 250 modifikator asal Tanah Air saling beradu kreasi modifikasi digital terhadap desain motor Honda PCX.

Riduan dari kota Samarinda keluar sebagai juara Nasional terbaik dalam kontes kali ini. Sedangkan Elmo Prayogi dari Cirebon, mendapat predikat juara Nasional favorit.

“Melalui HMC Virtual challenge, AHM berupaya untuk merangkul pecinta modifikasi dalam berkarya di dunia digital. Hal ini seiring dengan perkembangan digitalisasi Indonesia yang semakin tumbuh dengan cepat,” tutup Andy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com