Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] ERP Diterapkan di 4 Ruas Jalan Ini | Pamor Rush Bisa Naik Berkat Xpander Cross

Kompas.com - 19/11/2019, 06:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan berbayar alias electronic road pricing (ERP) akan diterapkan empat ruas jalan di DKI Jakarta, Margonda, Depok, Kalimalang, Bekasi, dan Daan Mogor, Tangerang. Aturan tersebut akan diberlakukan pada 2020 dan 2021.

Selain itu, informasi yang tidak kalah menarik soal berita pamor Rush yang diklaim bisa naik berkat kehadiran Mitsubishi Xpander Crossover. Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Senin 18 Januari 2019:

1. Catat, Ini 4 Ruas Jalan yang Akan Terapkan Sistem ERP

Kondisi lalu lintas dan jalan berbayar (electronic road pricing) di sudut distrik bisnis Singapura, Senin (25/5/2015).HBA/Kompas.com Kondisi lalu lintas dan jalan berbayar (electronic road pricing) di sudut distrik bisnis Singapura, Senin (25/5/2015).

Pembatasan kendaraan pribadi sampai saat ini dianggap masih menjadi salah satu upaya yang tepat untuk menekan kemacetan lalu lintas.

Setelah menerapkan ganjil genap di pintu-pintu tol penyangga DKI Jakarta, kali ini Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) kembali melemparkan rencana kebijakan jalan berbayar alias Electronic Road Pricing ( ERP).

Penerapanya direncanakan baru dimulai pada 2020. Sementara untuk ruas jalan yang menjadi incaran adalah, Margonda-Depok, Daan Mogot-Tangerang, dan Jalan Kalimalang-Bekasi.

Baca juga: Catat, Ini 4 Ruas Jalan yang Akan Terapkan Sistem ERP

2. Tren SUV, Konsumen Avanza Banyak Lari ke Model Ini

Sejumlah sales promotion girl (spg) berpose di samping salah satu mobil dari Toyota saat pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2019). GIIAS 2019 yang akan berlangsung 18 - 28 juli 2019  diikuti 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersil dan koroseri dan 12 merek sepeda motor.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sejumlah sales promotion girl (spg) berpose di samping salah satu mobil dari Toyota saat pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2019). GIIAS 2019 yang akan berlangsung 18 - 28 juli 2019 diikuti 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersil dan koroseri dan 12 merek sepeda motor.

Segmen low SUV atau crossover memang tengah marak setelah meluncurnya Mitsubishi Xpander Cross. Model ini disebut menggabungkan kenyamanan MPV dan ketanggulan ala SUV.

Sebelumnya sudah cukup banyak model yang bermain di segmen ini. Mulai dari Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, bahkan Nissan pernah mengeluarkan model Livina X-Gear.

Melihat trennya, peminat SUV memang sedang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini diungkap oleh Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, saat berbincang dengan rekan media, pada Minggu (17/11/2019).

Baca juga: Tren SUV, Konsumen Avanza Banyak Lari ke Model Ini

3. Bukti bahwa Toyota Sedang Siapkan Innova Versi Terbaru

Toyota InnovaKOMPAS.com/Gilang Toyota Innova

Kijang Innova menjadi salah satu model Toyota yang hingga kini belum mendapat penyegaran berarti sejak meluncur pada akhir 2015. Model yang akrab disapa Innova Reborn ini mempunyai kans besar mendapat tampilan baru pada 2020.

Saat dikonfirmasi kepada Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, ia mengaku belum bisa bicara lebih detail mengenai produk baru yang akan muncul tahun depan.

“No comment untuk future product. Saya rasa enggak cuma segmen Innova, tapi semua segmen kami studi sebenarnya,” ujar Anton kepada wartawan di sela-sela acara Toyota Jamboree 2019, Minggu (17/11/2019).

Baca juga: Bukti bahwa Toyota Sedang Siapkan Innova Versi Terbaru

4. Menguji Kenyamanan dan Ketangguhan Yamaha MT-25

Test ride Yamaha MT-25KOMPAS.com/Ruly Test ride Yamaha MT-25

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com