BBN-KB Naik, KTM Juga Kerek Harga Tahun Depan

Kompas.com - 18/11/2019, 08:22 WIB
KTM memperkenalkan dua model baru Duke dan Adventure 790 KTMKTM memperkenalkan dua model baru Duke dan Adventure 790

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan tarif pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ( BBN-KB) sudah diresmikan. Provinsi DKI Jakarta pun akan dikenakan 12,5 persen untuk penyerahan pertama, lalu penyerahan kedua dan seterus 1 persen.

Sesuai dengan edaran salinan Peraturan Daerah ( Perda) Pemprov DKI Nomor 6 Tahun 2019 mengenai Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 Tentang BBN-KB, kenaikan ini akan berlaku efektif mulai 11 Desember 2019.

Baca juga: Pabrik KTM di Indonesia Siap Beroperasi Akhir 2019

Kenaikan tarif BBN-KB ini tentunya akan berimas pada harga sepeda motor baru. PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku APM dari merek motor KTM baru akan menyesuaikan harga mulai tahun depan.

KTM memperkenalkan dua model baru Duke dan Adventure 790KTM KTM memperkenalkan dua model baru Duke dan Adventure 790

"Kita akan sesuaikan di tahun depan. Sekarang ini, kita masih serap dulu kenaikannya," ujar Kristianto Gunadi, Presiden Direktur PT PJLM, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Namun, Kristianto tidak menjelaskan bulan apa kenaikan akan terjadi. Menurutnya, KTM Indonesia masih melihat dulu bagaimana perkembangan dari kompetitor.

Baca juga: KTM Duke 200 Ini Pakai Tambahan Turbocharger

Sebelumnya, Kristianto sudah menyebutkan bahwa kenaikan pajak ini akan sangat berdampak ke penjualan motor premium, seperti KTM. Sebab, kendaraan yang harganya di atas Rp 30 juta jelas akan mengalami kenaikan yang cukup besar.

"Kenaikannya bisa mencapai Rp 500.000 sampai Rp 1 jutaan untuk small bike. Sementara untuk big bike, bisa berkisar Rp 7 juta hingga Rp 10 jutaan," kata Kristianto.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X