Pilih Jenis Jas Hujan, mulai Harga Ratusan Ribu sampai Jutaan Rupiah

Kompas.com - 17/11/2019, 15:01 WIB
Jas Hujan KOMPAS.com/GilangJas Hujan
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim penghujan pengendara sepeda motor butuh jas hujan atau rain coat. Dari segi material jas hujan banyak macamnya, dan mempengaruhi harga dari murah sampai mahal.

Alexander Reyner, pemilik toko perlengkapan berkendara sepeda motor, RC Motogarage, mengatakan, pada dasarnya jas hujan dibagi jadi tiga, pertama yaitu bahan PVC, kedua polyester dan ketiga disebut gore tech.

Baca juga: Jas Hujan Ponco Bukan untuk Naik Motor

"Kalau memang mau yang betul-betul tahan air pakai yang PVC, itu sejenis karet, tapi panasnya ketika dipakai, jadi waktu dipakai itu seperti sauna," kata Reyner yang ditemui Kompas.com, Minggu (17/11/2019).

Kedua bahan polyester, Reyner menyarankan pilih yang 100 persen polyester, karena ada juga yang campuran mulai 40 persen sampai 80 persen. Bahan polyester yang 100 persen lebih kuat namun harganya lebih mahal.

"Nah kalau mau beli yang lebih tinggi (high end) bisa pilih bahan gore tech, tapi ini harganya lebih mahal lagi, minimal untuk merek-merek tertentu Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta ke atas," katanya.

Baca juga: Pilihlah Jas Hujan yang Bisa Mengurangi Risiko Kecelakaan

Reyner mengatakan, keunggulan bahan gore tech yang ditonjolkan itu lebih berventilasi, walaupun waterprof alias anti air namun bahan ini masih memiliki sirkulasi udara. Sehingga badan tidak terasa pengap.

"Jadi badan tetap terasa adem. Itulah mahalnya. Buat yang bahan polyester murni juga mirip, tapi lebih kerasa yang gore tech. Polyester masih ada yang Rp 600 ribuan. Jadi memang beda harganya lumayan jauh," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X